Jawa Tengah

Peringatan HUT Pramuka Ke 59 Kwarcab Kota Tegal

Malam Renungan dan Ulang Janji Digelar Secara Khidmat

BeritaNasional.ID, Tegal – Pelaksanaan Renungan dan Ulang Janji Peringatan Hari Pramuka ke 59 Kwartir Cabang Kota Tegal digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Walikota Tegal sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wakil Walikota Tegal sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muhamad Jumadi, serta jajaran Forkopimda Kota Tegal, Kamis (13/08/2020) malam.

Dedy Yon Supriyono menyampaikan bahwa renungan suci dan ulang janji pramuka tersebut mempunyai makna yang mendalam. Bukan hanya seremonial maupun formalitas semata.

‘’Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk diambil maknanya bagi kita semua seluruh anggota Gerakan Pramuka Kota Tegal. Apalagi kegiatan ini kita lakukan di hadapan para pahlawan yang telah berkorban jiwa raganya untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Renungan yang bisa kita rasakan bersama pada malam hari ini kita ingin terus kobarkan semangat juang para pahlawan melalui karya dan pembangunan untuk Kota Tegal ini.’’ ujar Dedy Yon.

Dedy Yon menjelaskan bahwa sebagai anggota pramuka mengajak untuk semua Pramuka Kota Tegal untuk luruskan arah kehidupan ke arah Satya dan menjalankan kesepuluh Dharma Pramuka dengan sungguh – sungguh agar hidup menjadi bermakna bukan saja pada diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

‘’Saya mengucapkan terima kasih kepada para Penggalang, Penegak, Pandega dan Dewasa utusan dari masing – masing Kwarran  Gerakan Pramuka se-Kota Tegal dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal yang telah bekerja keras serta pengabdian dan pengorbanannya. Apalagi dalam kondisi pandemi Corona sekarang ini. Pesan saya tetap disiplin jaga protokol kesehatan. Selaraskan dengan tema hari pramuka ke-59 tahun 2020 ini, yang terkait erat dengan pandemi covid-19, yang secara utuh berbunyi ‘Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara’ ”, ujar Dedy Yon.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal juga mengajak Gerakan Pramuka Kota Tegal dimasa Pandemi Covid-19 untuk merayakan peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 bukan dengan beragam kegiatan yang penuh hura-hura, tetapi mengajak untuk mengenang dan mengingat kembali peristiwa yang terjadi pada 14 Agustus 1961 saat penyerahan panji gerakan pramuka, sebagai tanda dimulainya perjuangan gerakan pramuka. Saat itu, negara mengamanatkan kepada Gerakan pramuka untuk berjuang mendidik anak bangsa agar mampu menjayakan bangsa dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close