Jawa TimurSitubondoSosialTNI Dan Polri

Peringati HUT Korps Brimob dan Polairud, Polres Situbondo Bersama Forkopimda Tanam 1000 Bibit Pohon Mangrove

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Korps Brimob dan HUT Ke-73 Polairud, Polres Situbondo bersama Forkopimda menanam bibit 1000 bibit pohon mangrove di pinggir Pantai Cemara, Dusun Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Kamis (30/11/2023).

Penanaman pohon mangrove yang dipimpin langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H ini, dihadiri diantaranya, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro, Kajari Situbondo Ginanjar Cahya Permana SH, MH, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Putu Endro Sonata, dan Kasi ADM KSKPH Bondowoso Utara Soekirno.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPRD Situbondo Heru Sugiarto, Kadis Lingkungan Hidup Ahmad Yulianto, Kepala SBTU Cabang Dinas Kehutanan Banyuwangi Wilker Situbondo Wendi Adiguna, SH, Sekdin Pariwisata Viskanto Adi Prabowo, ST, Pejabat Utama Polres Situbondo, Kapolsek Jajaran, Forkopimca Panarukan, Kades Duwet Adi Chandra Karisma, Ketua dan Wakil Ketua beserta pengurus Bhayangkari Cabang Situbondo.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto dalam membacakan amanat dari Kabaharkam Polri Komjen Pol Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si mengatakan bahwa gerakan nasional penanaman mangrove sebagai upaya pencegahan terhadap abrasi dan antisipasi bencana alam atau tsunami dan gelombang tinggi serta bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem tanaman mangrove.

“Penanaman mangrove hari ini adalah merupakan rangkaian kegiatan HUT Korps Brimob dan Polairud, ada beberapa kegiatan sosial lainnya yang sebelumnya sudah dilakukan seperti donor darah, dan bersih-bersih pantai,” jelas AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove serentak dilakukan sebagai wujud konkrit Polri dalam menjaga kelestarian alam dengan melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove untuk mengurangi dampak perubahan iklim global.

“Polres Situbondo bisa berpartisipasi secara langsung melakukan penghijauan mangrove mengingat panjang pantai yang ada di Kabupaten Situbondo mencapai 150 kilometer. Kegiatan ini sejalan dengan yang diharapkan Presiden dan Kapolri tentang menjaga kelestarian hutan kawasan mangrove,” pungkas Kapolres Situbondo. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button