AdvedtorialPemkab SidrapSidrap

Perkuat Pengawasan Orang Asing, Timpora Tujuh Kecamatan Terbentuk

BeritaNasional. ID, Sidrap – Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tujuh Kecamatan di Kabupaten Sidrap resmi terbentuk.

Ke tujuh Kecamatan itu adalah Panca Lautang, Tellu Limpoe, Baranti, Watang Sidenreng, Dua Pitue, Pitu Riawa dan Pitu Riase.

Kegiatan yang diinisiasi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare bekerja sama Pemerintah Kabupaten Sidrap itu, berlangsung di Hotel Grand Zidny Sidrap, Selasa 15 Oktober 2019.

Dengan pembentukan tersebut, berarti seluruh Kecamatan di Kabupaten Sidrap telah memiliki Timpora. Sebelumnya, sekitar pertengahan 2017 lalu, empat Timpora Kecamatan telah terbentuk lebih dulu, yakni Maritengngae, Watangpulu, Panca Rijang dan Kulo.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Noer Putera Bahagia menjelaskan, pembentukan Timpora dimaksudkan untuk memperkuat pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan mencegah dampak negatif keberadaan dan kegiatan orang asing.

Pembentukan Timpora ini berdasar Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing.

“Dengan terbentuknya Timpora, kata Noer Putera Bahagia mengatakan warga Negara Asing akan dapat terpantau dan kita bisa ketahui beradaannya secara dini, khususnya terkait kegiatannya yang dilakukan,” ujar Noer Putera Bahadia.

Staf Ahli Bupati Sidrap, H Amir Wali mewakili Bupati Sidrap menyampaikan Apresiasi terbentuknya Timpora dan berharap dapat mengantisipasi permasalahan menyangkut orang asing yang kerap terjadi.

“Seperti kelalaian dalam administrasi, di mana ada kemungkinan datangnya pendatang dari luar negeri tanpa adanya dokumen resmi ataupun penyalagunaan izin tinggal domisili dan bekerja,” ungkap Amir Wali.

Amir Wali menambahkan, kerja sama Kantor Imigrasi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap harus terus terjalin demi terpeliharanya stabilitas kepentingan Nasional dan Daerah dari dampak negatif perlintasan orang antar negara.

Adapun personil Timpora yang dikukuhkan terdiri para Camat, Kepala Desa/Lurah, Danramil, Kapolsek dan stakeholder lain. Pengukuhan sekaligus penyerahan SK Timpora dipimpin oleh A Amir  Wali didampingi Asisten II yang juga menjabat Plt KesbangPol Sidrap, A Faisal Ranggong.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono, Pasi Intel Kodim 1420, Lettu Inf Abdul Rajab, Kasi Intel Kejari Sidrap, Iqbal, Kasat Intelkam Polres Sidrap, Iptu Soib dan Posda BIN Sidrap, Danish Prawira. (Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button