Sulbar

Pertama di Indonesia Timur ,Pemkab Polman Sulbar Canangkan Program Gedoor Bersih Covid-19

Polman.Sulbar.Beritanasional.id –Setelah perketatan Pengawasan Lalulintas Orang yang masuk ke wilayah Polewali mandar diakhiri, pemerintah Kabupaten PolewaliMandar melalui Gugus Tugas Covid-19 memfokuskan Penangan Pencegahan penyebaran covid-19 dengan pelaksanaan gerakan berbasisi keluarga dan salah satu programnya adalah Gedoor Bersih Covid-19 (gerakan door to door, Edukasi, Promosi dan Pelayanan Kesehatan Covid-19).

Program pendekatan keluarga dan dilakukan secara door to door. diklaim sebagai inovasi yang pertama dilakukan di indonesia bagian timur.

Gerakan ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman masyarakat terkait penyebaran covid-19, sehingga peninkatan covid-19 terus terjadi. diharapkan setelah program ini telah selesai, seiring dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terkait penyebaran covid-19, kita juga dapat menekan virus ini sampai tak ada lagi penderita.
selain melakukan pemerikasaan covid-19, kegitan ini juga betujuan untuk mengecek kondisi keshatan warga, termasuk pemerikasaan ibu hamil. program ini juga betujua untuk melacak riwayat penyakit yang diderita warga.

Selain memeriksa  kondisi kesehatan program ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi tentang gerakan bersih sehat, serta memberikan edukasi terkait apa itu covid-19 serta bagaimana penularannya. bagaimana mencegah penularan, bagaimana memahami gejala awal, serta bagai protokol aturan terkait covid-19. selain menggandeng tenaga medis pemerintah juga melibatkan penyuluh agama dan survilinace agar dapat memberikan penyuluhan agama serta pemahaman lainnya terkait bencana.
program dijadwalkan dilaksanakan diseluruh wilayah kabupaten Polewali Mandar dan menjakau seluruh

Program ini dibagi mejadi 2 (dua) tahap, tahap pertama diprioritaskan daerah potensi kontak erat kasus konfirmasi yang tinggi, yakni Kecamatan Tinambung, Kecamatan Limboro, Polewali, Balanipa, Binuang, Matakali, Limboro, dan Mapilli. sedangkan untuk tahap kedua yakni kecamatan Anreapi, Tapango, luyo Campalagian, Alu, Bulo, Matangnga, dan Tubi Taramanu.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button