Jawa Timur

Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang Berinovasi Terapkan RISPAM di Jakstrada

BeritaNasional.ID, Malang – Seiring dengan meningkatnya kebutuhan air bersih oleh warga,dan juga tingkat pelayanan yang ekstra,Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang terus melakukan berbagai terobosan demi tersedianya air bersih khususnya di wilayah Malang selatan.

Untuk itu bulan lalu Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang menggelar Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) dalam Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) untuk meningkatkan kualitas dan penyediaan air minum.

Kini di bulan juli ini tinggal langkah untuk penerapan sistem tersebut,agar segera program ini terlaksana semaksimal mungkin ke arah selanjutnya.

“Dalam hal ini kami menyusun RISPAM untuk jangka waktu 20 tahun. Penyediaan air bersih di Malang Selatan jadi fokus realisasi, karena disana ada potensi sumber air. Sehingga bisa menunjang kebutuhan air di enam kecamatan,” ungkap Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi usai menghadiri acara pelantikan di pendopo agung Kabupaten Malang Selasa 7/7/20.

Rencana pengembangan penyediaan sumber air ini, menurut Syamsul dirinya tidak sendirian, programnya akan menggandeng pihak ketiga.

“Kami berencana akan menggandeng pihak ke tiga, untuk membangun Sungai Lesti sebagai penyedia sumber air,” jelasnya.

Untuk realisasi pembangunannya nanti, harus memenuhi beberapa tahapan, salah satunya harus melalui identifikasi sebaran pelayanan air serta identifikasi kualitas air di Kabupaten Malang.

“Langkah untuk pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), semua dokumen ini harus tercantum. Karena merupakan salah satu syarat kita bisa bekerjasama dan mengusulkan ke pemerintah pusat untuk minta bantuan,” bebernya.

Kelengkapan dokumen SPAM juga penting bagi Peraturan Bupati Malang. Bahkan, akan menggunakan Sumber Air Wendit sebagai tumpuan memenuhi kebutuhan air bagi warga di tiga kecamatan. Kapasitas air mencapai 3000 liter per detik.(Hamzah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button