DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Pesona Alam Pantai Bilik ‘Syurganya’ Laut di Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Destinasi Wisata Alam pantai di Labuhan Merak kawasan Taman Nasional Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri serta keindahan alam-nya masih asri.

Panorama alam pantai yang tersimpan di Labuhan Merak, Kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo ini, antara lain Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam serta Pantai Runput Emas. Masing-masing pantai yang ada di kawasan Labuhan Merak ini, memiliki keindahan panorama yang unik.

Salah satunya, potensi pesona panorama alam yang tersimpan di Pantai Bilik ini sangat beragam dan sangat tepat apabila menjadi sasaran kunjungan wisata bagi semua orang. Nuansa Pantai Bilik ini begitu menawan. Selain ombaknya tenang, Pantai Bilik juga memiliki trek menuju ke tempat yang menyerupai pulau kecil.

Di Pantai Bilik ini sudah dilengkapi pos jaga petugas Taman Nasional, toilet dan hammock untuk bersantai. Pantai Bilik ini juga sangat direkomendasikan untuk wisata terbatas yang benar-benar ingin menyatu dengan alam.

Keindahan panorama alam dasar laut Pantai Bilik juga menjadi daya tarik sendiri. Sebab, terumbu karang dan bioda laut yang ada di dasar laut Pantai Bilik ini sangat beragam. Kendati keberadaan Pantai Bilik masih belum ditunjungan dengan fasilitas yang memadai. Namun, pesona panorama alam pantai yang masih ‘perawan’ ini juga memiliki permainan kano dan penyewaan perahu untuk mensaksikan terumbu karang.

Pantai Bilik merupakan lokasi yang tepat bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan diri dari keriuhan dan kebisingan kota. Pantai Bilik memiliki latar belakang padang savana Gunung Baluran. Pantai Bilik juga menjadi lokasi yang kerap dipilih oleh para petualang untuk membuka tenda dan bermalam. Sensasi menginap di Pantai Bilik ini relatif aman. Sebab, akan terpantau dengan petugas Resor Labuhan Merak.

Bukan hanya itu saja nuansa alam Pantai Bilik, namun para wisatawan juga akan dimanjakan dengan kicauan merdu burung-burung liar saat pagi hingga siang hari dan dapat mensaksikan matahari terbit dari upuk timur serta matahari terbenam di upuk barat. Nuansa ini, tidak ada di pantai lain di Kabupaten Situbondo hanya ada di Pantai Bilik Labuhan Merak Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo.

Untuk menunjang pengembangan destinasi Wisata Labuhan Merak Pantai Bilik ini, maka dibutuhkan pembangunan Infrastruktur dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan dapat menumbuhkan nilai-nilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

Jika ditopang dengan pembangunan serta fasilitas yang memadai, maka potensi destinasi wisata di Labuhan Merak, khususnya Pantai Bilik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan mensaksikan keindahan panorama alam Pantai Bilik yang masih tersembunyi.

Pantai Bilik merupakan pantai yang masih asri dan alami serta memiliki pemandangan yang eksotis sangat sayang apabila tidak berkunjung ke pantai ini. Dalam perjalanan ke pantai ini sungguh menyenangkan. Sebab, dalam perjalanan bisa menikmati panorama lain yang ada sekitar kawasan Labuhan Merak Taman Nasional Baluran Situbondo.

Untuk sampai ke lokasi destinasi wisata alam pantai di Labuhan Merak Kawasan Taman Nasional Baluran ini, wisatawan bisa masuk melalui pintu Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat dan harus singgah terlebih dahulu di Pos Watu Tumpuk.

Bagi para wisatawan yang akan menikmati indahnya destinasi wisata alam pantai di Labuhan Merak Taman Nasional Baluran ini juga bisa ditempuh melalui jalur laut menggunakan jasa perahu nelayan setempat. Dalam perjalanan laut, para wisatawan bisa menikmati indahnya terumbu karang.

Destinasi Wisata Labuhan Merak Taman Nasional Baluran Situbondo ini, akan dikembangkan menjadi obyek wisata pantai yang ramah lingkungan dan menjaga kelestarian alam yang ada di Labuhan Merak Taman Nasional Baluran Situbondo.

Nuansa Pantai Bilik di Labuhan Merak Kawasan Taman Nasional Baluran ‘Syurganya’ Pantai di Kabupaten Situbondo (As’ad Zuhadi Anwar/BeritaNasional.id)

Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan Taman Nasional Baluran Situbondo telah membangun akses jalan kurang lebih sepanjang 10 kilo meter. Akses jalan tersebut di bangun dari pintu masuk di Desa Sumberwaru hingga Dusun Merak Kawasan Labuhan Merak Taman Nasional Baluran.

Dengan di bangunnya akses jalan ini, maka akan semakin mempermudah para wisatawan yang akan menikmati panorama alam Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam serta Pantai Runput Emas yang berlokasi di kawasan Labuhan Merak Taman Nasional Baluran Situbondo.

Pihak Taman Nasional Baluran Situbondo bekerjasama dengan pihak swasta akan mengembangkan wisata alam pantai di Labuhan Merak ini. Rencananya, Pantai Sijile dan Bilik yang pertama akan dikembangkan menjadi obyek wisata alam pantai yang ramah lingkungan yang bertujuan untuk membangkitkan pundi-pundi perekonomian masyarakat Dusun Merak dan sekitarnya. (As’ad Zuhaidi Anwar)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button