DaerahRagam

Pesona Danau Sicike-cike

image_pdf
Selain Tao Silalahi yang termasuk dalam kawasan Danau Toba, Kabupaten Dairi juga memiliki Potensi Pariwisata Taman Wisata Alam (TWA) Danau Sicike- cike, yang terletak di Kecamatan Parbulan, sekitar 20 km dari Sidikalang, ibukota Kabupaten Dairi.

 

Pemkab Dairi mulai gencar mempromosikan Danau Sicike-cike sebagai destinasi wisata baru. TWA Danau Sicike-cike yang masuk dalam wilayah hutan lindung dengan luasan ratusan hektar tersebut, digadang-gadang sebagai destinasi wisata potensial yang dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat serta menyumbang pendapatan asli daerah.

 

Sambil promosi, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemkab Dairi, Ir. Samuel Tua Manik mengatakan, “TWA Si Cike Cike dengan luas sekitar 575 hektar, memang tidak ada duanya. Pokoknya komplitlah sudah, mulai dari potensi nilai historis Si Pitu Marga Pakpak sebagai Wisata Budaya, eko wisata/pesona alam, kekayaan hutan yang ditopang tiga danau dengan air terjun. Sicike-cike juga memiliki aneka flora dan fauna langka yang masih perlu diteliti sebagai tempat penelitian/edukasi. Jika dikelola dan dikemas serta dipromosikan dengan baik, niscaya akan mampu menggaet wisatawan untuk berkunjung yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat”.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close