Jawa TimurProbolinggo

Petani Bawang Desa Tegalrejo Dringu Perbaiki Saluran Irigasi Sawah Hasil Swadaya Masyarakat 

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM -Para petani Desa Tegalrejo melakukan perbaikan saluran irigasi sawah yang selama beberapa tahun terakhir mengalami kerusakan, hal tersebut menjadi kendala terhadap lahan pertanian yang dialami oleh petani yang berada di Desa Tegalrejo Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Minggu (24/12/23).

Kegiatan ini dipelopori oleh salah satu warga bernama Wiwit Hariyadi dan Hilal yang bekerja sama dengan petugas HIPPA dan seluruh elemen masyarakat petani.

Menurut penuturan warga sekitar Wiwit Hariyadi menuturkan, kebutuhan air menjadi kebutuhan yang mendasar untuk para petani yang rata – rata memerlukan air untuk tanaman bawang merahnya,” tuturnya

Lanjut Wiwit, sumber dana perbaikan irigasi ini di dapat melalui sumbangn dari swadaya masyarakat petani itu sendiri tanpa melibatkan pembiayaan dari Pemerintah Desa setempat.

Perbaikan Saluran irigasi (plester dasar) sepanjang kurang lebih 200 meter ini menghabiskan dana sebesar sekitar 4 juta rupiah dan dapat di selesaikan 1 hari dengan tenaga kerja dari gotong royong yang kompak dari masyarakat petani itu sendiri.

Harapan kami, dengan perbaikan saluran irigasi ini untuk membantu menyelesaikan permasalahan kekurangan air sebagai kebutuhan dasar tanaman bawang merah,” harapnya

 

***yuli

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button