DaerahJawa TimurRagamSitubondoTNI Dan Polri

Petugas Gabungan Lakukan Karantina 12 Ekor Kambing Jawa

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Petugas gabungan yang terdiri dari TNI, POLRI, TNI AL, Polairud, KSOP Kelas IV Panarukan, Kepala Puskeswan Jangkar, dan Personal UPTD Dishub Situbondo serta pihak terkait lainnya melakukan penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak dalam rangka Antisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Dermaga Baru Pelabuhan Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Minggu (05-06-2022).

Penyekatan dan pemeriksaan hewan ternak kambing yang diangkut truk menggunakan KMP. Satya Kencana tersebut, dilakukan oleh Kapolsek Jangkar Iptu Budiarto, S.H, bersama anggotanya drh. Dwi Lestari bersama petugas Puskeswan Jangkar lainnya, Petugas Karantina Situbondo, Mattoso, Anggota Polairud, Anggota Koramil Jangkar Serma Anton, Anggota TNI AL Jangkar, Andy Amran Kepala KSOP Kelas IV Panarukan dan anggota serta Anggota UPTD Dishub Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Batuud Koramil 0823-09 Jangkar Serma Anton menjelaskan bahwa, petugas melaksanakan penyekatan dan pemeriksaan terhadap penumpang mengunakan roda dua dan roda empat serta roda enam yang baru turun dari KMP. Satya Kencana.

“Dalam penyekatan dan pemeriksaan tersebut, Petugas Gabungan mendapatkan 1 yunit truk yang bermuatan hewan ternak jenis kambing Jawa. Kemudian, petugas melaksanakan koordinasi dan pengecekan terhadap hewan ternak yang dilakukan oleh Puskeswan Jangkar,” jelas Serma Anton.

Hasil dari pemeriksaan petugas Puskeswan Jangkar, sambung Serma Anton, dilaporkan bahaw kondisi hewan ternak jenis Kambing Jawa sebanyak 12 ekor dalam kondisi sehat. “Selanjutnya, Kapolsek Jangkar Iptu Budiarto SH meminta agar Standar Operasional (SOP) Pos Terpadu Pemeriksaan Kesehatan Hewan Gugus Tugas Kecamatan Jangkar diberlakukan sebagaimana mestinya. Hal ini, dilakukan dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Situbondo,” jelas Serma Anton.

Hasil koordinasi Kapolsek Jangkar Iptu Budiarto SH denagan Drh. Oki petugas karantina hewan ternak, kata Serma Anton, maka karantina hewan ternak itu di geser pada lokasi Karantina di Pelabuhan Kalbut, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. “Selanjutnya, petugas Pengamanan Pos Terpadu PMK Jangkar melaksanakan pengawalan kendaraan muatan hewan ternak kambing menuju lokasi karantina hewan ternak di Pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran,” pungkas Serma Anton.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button