DaerahJawa TimurSitubondo

Petugas Gabungan, Lakukan Penggeledahan Blok Hunian WBP Rutan Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Untuk menjaga ketertiban di blok hunian WBP, Petugas gabungan TNI DAN Polri bersama petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo, melakukan penggeledahan, Jumat (05/04/2024).

“Penggeledahan blok hunian rutan ini guna mengantisipasi sekaligus memastikan tidak ada barang berbahaya yang dilarang masuk rutan seperti telepon seluler dan narkoba. Dalam penggeledahan ini, kami bersinergi dengan TNI/Polri, untuk memastikan bahwa di rutan ini steril dari barang terlarang,” jelas Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan.

Hasil penggeledahan blok hunian tersebut, sambung Rudi, petugas tidak menemukan barang berbahaya yang terlarang seperti narkoba dan telepon seluler. “Dari hasil penggeledahan itu, petugas hanya menemukan dan mengamankan barang seperti paku dan sendok yang dibentuk pipih, korek api, cermin yang dimodifikasi, silet cukur, dan balsem,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi, namun dia menjelaskan bahwa penggeledahan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sebagai bentuk antisipasi dan deteksi dini terhadap adanya gangguan keamanan di dalam rutan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah. “Keamanan dan ketertiban di dalam rutan ini harus terus dijaga dan diciptakan, agar tetap kondusif,” pungkasnya.

Sekedar informasi, sebelum melakukan penggeledahan, Rutan melaksanakan Apel Siaga pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah. Apel ini dilakukan secara serentak oleh Rutan dan Lapas di seluruh Indonesia bekerja sama dengan TNI dan Polri. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button