Jawa Tengah

Petugas Medis Melanjutkan Tes Swab Terhadap Pedagang di Pasar Kupu Dukuhturi

BeritaNasional.ID, Tegal – Setelah sebelumnya dilakukan tes swab terhadap para pedagang di Pasar Kupu Dukuhturi, hari ini (27/10/2020) petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dan Puskesmas Kupu kembali melanjutkan bagi para pedagang yang belum melakukan tes swab.

Dengan adanya tiga orang pedagang yang positif setelah dilaksanakan tes swab sebelumnya, maka tim gugus tugas lebih responsif dalam penanganan dan pencegahan penularan Covid-19.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Dukuhturi pun langsung mengadakan rapat koordinasi membahas penanganan pencegahan perkembangan Covid-19 pedagang pasar Kupu.

Menurut Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar melalui Danramil Dukuhturi Kapten Inf Radiono, setelah dilakukan tes swab terhadap pedagang pasar, terdapat tiga orang yang dinyatakan positif.

“Swab dilakukan pada hari Sabtu tanggal 17 Oktober dan hari Senin tanggal 19 Oktober 2020,” kata Danramil.

Adapun tiga orang pedagang yang dinyatakan  positif sementara waktu dilarang berjualan dan harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing.

Hasil rapat koordinasi ini diantaranya Pasar Kupu harus diadakan penyemprotan disinfektan baik dari Pemerintah Desa maupun dari Dinas Kesehatan,  Kepala Pasar melaporkan kepada Pemerintah Kabupaten Tegal agar dilakukan penutupan sementara.

Kepala pasar juga diharuskan untuk melakukan pendataan kembali pedagang yang belum di swab agar tidak ada yang tertinggal, sehingga bisa mencegah timbulnya klaster pasar.*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close