AdvedtorialMamujuSulawesi BaratSulawesi SelatanSulbar

Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Ajak Walikota Danny Pomanto, Jajaki Sister City Mamuju – Makassar

BeritaNasional.ID.MAKASSAR SULSEL —   Kabupaten Mamuju saat ini tercatat sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat. Dalam perkembangan sebagai ibu kota provinsi, Mamuju diharapkan lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi Sulawesi Barat apalagi daerah ini masih tercatat sebagai kabupaten belum kota madya walaupun sebagai ibu kota provinsi.

Ajakan agar ada penjajakan antara Makassar dan Mamuju disampaikan oleh Pj Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin di hadapan alumni STPDN angkatan ke -4 di Lego Lego CPI Makassar,Kamis 23 Mei 2024. Pada kesempatan tersebut hadir Walikota Makassar Moch.Ramdhan Pomanto.

“Sengaja kami mengundang Pak Danny karena beliau Walikota Makassar, tuan rumah” ujar Pj Bahtiar.

Sebagai pejabat baru di Sulawesi Barat, Bahtiar yang dilantik pada 17 Mei 2024 akan mengajak Danny Pomanto ke Kabupaten Mamuju pada Juni 2024. “Kebetulan Pak Dani mulai 1 Juni 2024, sudah setiap hari penerbangan Mamuju – Makassar. Saya umumkan kabar baik itu saat pertamakali menginjakan kaki di Mamuju sebagai Penjabat Gubernur” kata Bahtir disambut aplaus oleh para pejabat yang berasal dari berbagai daerah tersebut. DP sapaan akrab Danny Pomanto bahkan berdiri sambil memberikan salam hormat pada Bahtiar.

Pada kesempatan itulah Bahtiar meyampaikan kepada Danny bahwa dirinya menginginkan ada kerja sama sister city antara Makassar dan juga Mamuju. Ini pun juga merupakan salah satu upayanya membangun Sulbar sebagai ibu kota provinsi.

“Jadi pak wali kemarin saya sudah pulang kampung dan saya pengen ada semacam kerjasama antara Kota Makassar dengan Mamuju,” ungkapnya. Nantinya kata Bahtiar, akan mengajak Walikota dan Pemda Mamuju bertemu dengan Danny Pomanto di Mamuju.

Bahtiar menyebut bahwa Danny bukan hanya sebagai walikota tetapi ahli dalam perencanaan kota sebagaimana latar belakang sebagai arsitek “hanya ada dua di Indonesia yakni Ridwan Kamil dan Danny Pomanto” tambahnya.

Sementara, Wali Kota Danny Pomanto menyambut baik ajakan Pj Bahtiar agar ada kerjasama antara Makassar dan Mamuju. Di hadapan peserta yang hadir, Danny menyampaikan bagaimana dirinya membangun kota Makassar hingga seperti apa yang terlihat saat ini.

Dia pun tak lupa melempar pujian kepada sosok Pj Bahtiar Baharuddin.
“Saya bersyukur sekali, walaupun delapan bulan bertemu Pak Bahtiar tetapi banyak sekali perubahan,” ucap Danny Pomanto.
Pada kesempatan tersebut Danny menyampaikan kepada Pj Bahtiar progres stadion Barombong yang pernah mereka upayakan agar lahan tersebut diserahkan kepada pemerintah. Dan lanjut Danny, dalam waktu dekat GMTD sudah akan menyerahkan kepada pemerintah.

Selama menjabat sebagai Pj Gubernur Sulsel, Danny menyebut bahwa sangat banyak yang dilakukan oleh Bahtiar kepada Sulsel. Trakhir keduanya sama-sama mengawal pembangunan stadion Internasional yang akan dibangun Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kawasan Sudiang-Makassar.

Ini juga merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Pemerintah pusat meminta Pemprov Sulsel menyiapkan lahan yang akan dibanguni stadion berstandar Internasional tersebut.

Saat bertemu Presiden Jokowi Februari lalu, Pj Bahtiar didampingi oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Bupati Maros Chaidir Syam, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, dan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau.

Termasuk menanam tanaman produktif seperti Pisang Cavendish di Sulsel yang dinilai Danny begitu merupakan program yang baik.

“Insya Allah di Sulbar nanti bukan hanya satu pohon pisang, tapi akan beranak sepuluh pohon pisang lain yang lebih produktif,” tutupnya.

Di hadapan alumni STPDN Angkatan ke-4, ia juga mempromosikan Makassar Kota Makan Enak yang menjadi tagline baru Kota Makassar.

Selama delapan bulan menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Danny pun juga seringkali terlihat mendampingi Bahtiar dalam setiap kesempatan.

“Pj Bahtiar walaupun delapan bulan menjabat tetapi serasa satu periode” ujarnya disambut aplaus. Nampak Pj Bahtiar berdiri dan memberikan hormat kepada Danny

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button