Daerah

Pj Sekda Bondowoso Kukuhkan FAB Dan Launching 155 Puspaga

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Pengukuhan Forum Anak Bondowoso ke 7 dan launching 155 Puspaga berlangsung meriah dengan dihadiri langsung Pj Sekda, Hj. Haeriyah Yuliati, S.Sos, MM bersama ratusan anak-anak dan orang tua yang berlangsung di Pendopo Bupati , Sabtu (15/3).

Pada peringatan tersebut, Pj. Sekda mengukuhkan Forum Anak Bondowoso (FAB) sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak.

Dalam sambutannya, Pj. Sekda mengatakan FAB merupakan hal penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Berdasarkan tantangan tersebut, maka, lanjutnya, jika Anak Bondowoso kuat, Bondowoso Hebat. Tema ini diambil sebagai motivasi untuk tidak menyurutkan komitmen tetap mendorong berbagai pihak memberikan kepedulian kepada anak-anak Bondowoso.

“Hal ini untuk memastikan anak-anak Bondowoso tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak,” ungkapnya

Menyikapi tantangan dan harapan terhadap anak Bondowoso, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan bekelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan melakukan serangkaian program mulai dari pembentukan Forum Anak, PUSPAGA, Satuan Pendidikan Ramah Anak, Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas, Pusat Kreatifitas Anak, Rumah Ibadah Ramah Anak, dll.

Kepala Dinsos P3AKB, Hj. Anisatul Hamidah, MSI menuturkan Kabupaten Bondowoso telah melakukan serangkaian upaya untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak sebagaimana yang telah di tetapkan dalam program pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Forum Anak ini merupakan wadah partisipasi anak dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak atau perseorangan, dikelola oleh anak dan dibina oleh Pemerintah, sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Forum Anak yang dikukuhkan ini telah melewati seleksi yang cukup panjang terdiri dari pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Bondowoso hingga terpilih dan telah ditetapkan dengan SK Bupati.

“Dengan dikukuhkannya Forum Anak pada hari ini, diharapkan dapat menjalankan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor (P2) dengan optimal, menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak serta
menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak,” harapnya

Kepada anak-anak yang hadir, Pj Sekda berpesan agar memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk melakukan hal-hal yang positif, belajar yang rajin, banyak membaca buku, rajin beribadah, hormat kepada orangtua, sayangi sesama teman dan teruslah berprestasi.

“Kemudian kepada seluruh orangtua dan keluarga jaga dan lindungi dalam menciptakan lingkungan mereka agar senantiasa merasa aman, nyaman dan bahagia. Anak Kuat, Bondowoso Hebat,” pungkasnya. (Syamsul Arifin/Advertorial/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button