AdvedtorialBone BolangoKabar DesaKesehatan

Plt Bupati Bone Bolango: Dana Desa 2024 Harus Prioritaskan Penanganan Kemiskinan dan Stunting

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Dana Desa tahun 2024 diharapkan memprioritaskan program intervensi stunting dan kemiskinan.Hal ini menjadi penekanan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli saat memberikan pengarahan umum kepada pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa di Auditorium Bone Bolango, Senin (13/11/2023).

“Program intervensi ini tidak bisa hanya berjalan sendiri, akan tetapi butuh kolaborasi kita semua agar program yang dijalankan bisa linear. Meskipun uang kita hanya sedikit, kita harus punya strategi yang jitu untuk penanganan stunting dan kemiskinan di daerah ini,” ujarnya.

Dikatakan Merlan bahwa program intervensi stunting dan kemiskinan harus dikawal dengan baik. Menurut Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Bone Bolango ini, program 1 desa mengintervensi 10 kepala keluarga miskin pada tahun 2022 kemarin belum berjalan maksimal dan bisa dikatakan tidak berhasil. Hal tersebut disebabkan APBDes kala itu sudah ditetapkan sehingga program tersebut tidak termasuk dalam program prioritas yang ada di desa.

Ia pun meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa memastikan seluruh desa menganggarkan program tersebut ditahun depan.

“Tahun 2024 ini menjadi prioritas kita dan harus dianggarakan pada Dana Desa. Memberantas stunting dan kemiskinan ini harus dimulai dari hulu. Ditengah keterbatasan anggaran, ini harus menjadi fokus kita semua,” tandasnya. (adv/noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button