DaerahNasionalRagamSUMUT

Plt Bupati Langkat Syah Afandin, Ikut Mendengar Langsung Arahan Presiden RI Joko Widodo 

BeritaNasional.ID, Jakarta – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, S.H, menghadiri dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden RI Ir. H Joko Widodo, di ruang Cenderawasih Jakarta Convention Center (JCC), Jalan Gatot Subroto-Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Didalam arahan Presiden RI, terdapat ada 3 poin penting, diantaranya, mengenai pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia, dan pembahasan mengenai pemasaran, percepatan, dan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dalam kesempatan tersebut, Presedien Joko Widodo juga menyingung pejabat publik yang sering melakukan kegiatan liburan di luar negeri. Menurut beliau sangatlah tidak bijak disaat sekarang sebagai pejabat publik berwisata keluar negeri, apalagi sampai diposting akun instagram.

“Saya ini tiap tahun bisa sampai 20 kali undangan ke luar negeri, tetapi saya pilah mana yang benar-benar akan membawa dampak bagi Indonesia, paling saya akan penuhi dua saja dari undangan itu” katanya.

Bahkan mertua dari Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution itu menambahkan, tempat wisata di Indonesia masih jauh lebih bagus daripada di luar negeri untuk dijadikan tempat liburan.

Selain bagi masyarakat, Presiden Joko Widodo mengarahkan jajaran pemerintah daerah mengurangi pengadaan barang impor dan mendorong penggunaan barang-barang dalam negeri melalui mekanisme pengadaan barang.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan laporannya. Dalam laporannya, beliau menyampaikan enam terobosan aksi afirmasi bangga buatan Indonesia. Selain itu beliau juga menyampaikan tiga instrumen kebijakan konvergensi program dan perbaikan akurasi sasaran serta kemiskinan ekstrem.

Menanggapi instruksi tersebut, Plt Bupati Langkat H. Syah Sfandin, S.H, mengatakan, bahwa Kabupaten Langkat siap menjalankan arahan serta pesan dari presiden RI tersebut.

Tidak dipungkiri lajunya, inflasi di tanah air sedang marak-maraknya, oleh karena itu, Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin menyebut akan dilakukan penanggulangan jangka pendek, dengan digelarnya secara berkala operasi pasar di Kabupaten Langkat.

Selain itu, Syah Afandin juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggelorakan aksi Bangga Buatan Indonesia, yang mana merupakan salah satu strategi percepatan pemulihan ekonomi akibat wabah pandemi Covid-19 melalui penggunaan produk dalam negeri yang diproduksi oleh UMKM.

“Sebelumnya juga kita memang selalu menghimbau dan meminta seluruh lapisan masyarkat agar mencintai produk lokal. Selain itu, Kabupaten Langkat juga memiliki Dekranasda yang aktif memperkenalkan produk-produk lokal yang memiliki kualitas tinggi,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Plt Bupati Langkat, H. Amril, S.Sos. M.AP (Sekretaris Daerah), Rina Wahyuni Marpaung, S.STP,  M.AP (Kepala BAPPEDA) Eka Syahputra Depari, S.STP (Kabag Umum), H. Mahardhika Sastra Nasution, S.STP M.AP (Kabag Prokopim). (Reza/*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button