Jawa Timur

Plt Bupati Nganjuk, Kang Marhaen Serahkan Bantuan Sosial dan Bedah Rumah Untuk Korban Bencana Alam

BeritaNasional.ID NGANJUK – Plt Bupati Nganjuk, Marhen Djumadi, Kepala Dinas PERKIM, Agus Frihannendy menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada masyarakat terdampak bencana.

“Kami berharap bencana tidak lagi terjadi. Kalaupun terjadi, semua komponen harus lebih siap dan melakukan mitigasi lebih baik lagi. Hal ini penting agar korban jatuh baik jiwa maupun materi dapat lebih diminimalisir, “kata kang marhen.

Kang Marhen, (panggilan Plt Bupati Nganjuk) berharap agar upaya penanganan korban bencana di Nganjuk dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan intensif. Termasuk adanya pendampingan penerima manfaat agar pemanfaatannya tepat sasaran.

“Bantuan ini merupakan bantuan sosial pasca bencana alam sekaligus upaya pengurangan risiko bencana di kawasan yang memang rawan bencana,” ujar Plt Bupati Nganjuk, Marhen Djumadi saat membuka acara tersebut, Rabu (6/07/2022).

Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyerahkan secara langsung bantuan sosial dan bedah rumah untuk warga korban bercana alam, di Balai Desa Paron, Kecamatan Bagor.

Jumlah penerima sebanyak 73 orang dari Desa Ngumpul, Paron, Genjeng, Macanan, Ngetos, Kepel, dan Gondanglegi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial PPPA Nganjuk Nafhan Tohawi, Kepala Dinas PRKPP Nganjuk Agus Frihannendy, Kepala Desa/Kelurahan terkait, Kapolsek Bagor, Danramil Bagor, serta warga penerima bantuan.

Dijelaskan oleh Kang Marhaen bahwa pemberian bantuan sosial maupun bedah rumah jumlahnya sesuai dengan kerugian yang ditanggung oleh warga yang terdampak.

Korban bencana saat ini tengah berupaya bangkit kembali dari keterpurukan dan melaksanakan rehabilitasi paska bencana alam yang terjadi, Kang Marhen menambahkan

“Baik rusak ringan, sedang, dan berat akan tetap kita bantu, untuk bedah rumah juga sama kita akan bantu sesuai kebutuhannya” kata kang marhen saat acara penyerahan bantuan sosial.

Di sela-sela kegiatan, Kang Marhaen berinteraksi dengan para lansia yang hadir pada kegiatan tersebut, serta membagikan beberapa hadiah berupa pakaian dan uang tunai kepada mereka.

Kang Marhaen juga berpesan kepada para orang tua walaupun dengan keadaan ekonomi yang kurang mampu untuk tetap mendukung anak-anaknya agar mendapatkan pendidikan minimal SMA atau sederajat.

“Sekarang sudah ada sekolah gratis sampai SMA, ayo jangan sia-siakan kesempatan ini karena pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting. Saya juga dari keluarga kurang mampu, yang terpenting adalah kemauan, bukan kemampuan,” pungkas, Kang Marhaen sembari memberi semangat pada warga Nganjuk yang hadir pada saat itu. (ISK)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button