BondowosoDaerahJawa TimurPolitik

Plt Kepala BKPSDM Ingatkan ASN Bersikap Netral

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Memasuki tahun politik, Plt Kepala BKPSDM, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral.

Hal itu disampaikan dalam sambutannya pada acara halal bihalal dan pisah kenang Korwil dan Pengawas pendidikan Kecamatan Bondowoso di D’Garden Cafe and Resto, Senin (15/05/2023).

“Kita akan memasuki tahun politik, kemarin pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) sudah ditutup. Seluruh Parpol mendaftarkan Bacaleg terbaiknya ke KPU,” ungkap Pak Gik, sapaanya.

Itu berarti, lanjutnya, tidak lama lagi KPUD Bondowoso akan menetapkan calon-calon legislatif, baik yang akan memperebutkan kursi DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi Jawa Timur maupun DPR RI.

“Saya sebagai Kepala BKPSDM salah satu tugasnya mengingatkan rekan-rekan ASN untuk bersikap netral. Namun secara pribadi ASN mempunyai hak politik memilih wakilnya,” pesannya.

Di Kecamatan Bondowoso, lanjutnya, ada 37 lembaga pendidikan jenjang SD telah melaksanakan program netralitas. “Bagi sekolah yang telah melaksanakan penandatanganan program tersebut saya minta agar dokumen, arsip dan fotonya di serahkan ke Dinas Pendidikan dan BKPSDM,” pintanya.

Disamping itu, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) mengingatkan insan pendidik yang hadir supaya tetap berhati-hati dalam bersikap. “Menunjukkan foto dan nomor urut Caleg saja bisa dikenakan sanksi. Ada sanksinya ringan, sedang, dan berat,” jelasnya.

Pak Gik menceritakan pengalamannya selam menjabat sebagai ASN di Bondowoso. Menurutnya, masyarakat Bondowoso merupakan salah satu warga yang kritis. Selama ini pihaknya sudah di kritik sebanyak 6 kali. Agustus dilantik September sudah di ‘goreng’, karena membuat taman di kantor.

“Jangankan pelanggaran Pemilu, melanggar Prokes saja bisa di proses, apalagi pelanggaran yang lain. Karena ada Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) di Bawaslu. Makanya saya ingatkan kembali kepada rekan-rekan untuk selalu berhati-hati,” pungkasnya. (Zainul Muhaimin).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button