HeadlineNasional

Plt. Sekjen Kemendagri Dorong ASN Diberikan Kesempatan Yang Sama Kembangkan Talenta

BeritaNasional.ID, JAKARTA- Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro, mengemukakan bahwa sebaiknya ASN diberikan kesempatan untuk mengembangkan talentanya.

Menurutnya setiap orang memiliki talenta yang berbeda, tetapi harus mendapat kesempatan sama untuk mengembangkannya.

Hal ini disampaikan beliau saat mengisi webinar webinar bertajuk “Pembangunan Manajemen Talenta Kemendagri” yang digelar Biro Kepegawaian Kemendagri, Jumat (26/11/2021).

“Tidak boleh ada situasi dimana seseorang merasa tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan talentanya. Sebab jika ada berarti ada yang salah dalam regulasi pembinaan pegawai kita” ujar Suhajar.

Dan untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya dukungan manajemen pengembangan talenta.

Manajemen  ini tidak hanya menyangkut pengembangan talenta, tetapi juga memetakannya secara tepat. Agar tidak terjadi kekeliruan ujar Suhajar.

“Sekarang bagaimana kita sebagai orang yang bertanggung jawab mengembangkan karier pegawai mampu melahirkan indikator dan variabel yang lebih tepat,” terangnya.

Karena sebagai pemangku kepentingan, memiliki  tanggungjawab membangun iklim kondusif agar seluruh ASN Kemendagri dapat mengembangkan talentanya secara adil dengan mendapat kesempatan yang sama.

Talenta jika tak dikembangkan dengan baik maka hasilnya tidak maksimal. Hal ini juga berkaitan dengan capaian sukses bagi para ASN. Sebab, kata Suhajar, sukses merupakan keberhasilan yang dicapai melalui pendayagunaan talenta yang diberikan Tuhan.

Di lain sisi, Suhajar menjelaskan, saat ini Kemendagri telah menerapkan sistem merit dan manajemen talenta dalam membangun sumber daya manusia (SDM). Salah satunya dapat dilihat dari sistem pengisian jabatan pimpinan tinggi yang digelar melalui seleksi secara terbuka.

Selain itu, Kemendagri juga telah melakukan penilaian kompetensi sekaligus pemetaannya terhadap ASN untuk setiap jenis jabatan.

Tak hanya itu, Kemendagri juga berhasil meraih predikat tertinggi kategori ‘Sangat Baik’ dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dalam mengimplementasikan manajemen SDM berbasis sistem merit dengan nilai 303,50. Yang paling mutakhir Assessment Center Kemendagri ditetapkan sebagai pusat penilaian kompetensi pegawai yang terakreditasi A oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).(Joe)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button