DaerahJawa TimurPendidikan

PMM Unmuh Malang, Paparkan Aplikasi Artificial Intelligence ke Perangkat Desa Bumirejo

BeritaNasional.ID – BLITAR JATIM – Pembukaan sekaligus pemberian materi Pengabdian Mahasiswa Masyarakat (PMM)  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kepada Perangkat Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar mendapat respon positif dari perangkat desa setempat, Rabu (24/01/2024).

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Masyarakat (PMM)  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan suatu agenda wajib dilakukan bagi Mahasiswa aktif di Universitas tersebut. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat di Desa yang di tuju. Kegiatan pengabdian dilakukan oleh kelompok 41 gelombang 3 pada tanggal 24 Januari 2024. PMM ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan apa yang mereka dapatkan selama di perkuliahan kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk pengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Anggota kelompok tersebut terdiri dari Muhammad Rizal Kubro, Efril Nuris Silvi, Valencia Sefiana Putri, Ryan RaihanDono, Eryanda Yusuf Firmando, yang berasal dari program studi informatika  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serta di bimbing langsung oleh Bapak Dana Marsetiya Utama, S.T, M.T., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan artificial intelligence (AI) untuk pekerjaan yang disampaikan oleh Muhammad Rizal Kubro, sebagai Leader Metting AI dihadapan Perangkat Desa Bumirejo itu, sangat membantu pekerjaan perangkat desa itu.

Muhammad Rizal Kubro, sebagai Leader Metting AI mengatakan bahwa, Meeting AI ini digunakan untuk merangkum semua percakapan yang ada di dalam meeting online dan memberikannya rangkuman dari seluruh pembicaraan dan recap dari videonya selama meeting online berjalan.

“Meeting.ai mempunyai kemampuannya untuk merevolusi produktivitas meeting dengan kecerdasan buatan. Meeting.ai ini juga bisa membantu organisasi dalam menghemat waktu dan mengurangi risiko kehilangan informasi berharga dan bisa membantu perangkat desa untuk melakukan berbagai macam pekerjaan,” jelas Muhammad Rizal Kubro, dihadapan Perangkat Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.

Tak hanya itu yang disampaikan Muhammad Rizal Kubro dihadapan perangkat Desa Bumirejo, namun Leader Metting AI ini juga menerangkan panjang lebar tentan manfaat Aplikasi AI untuk berbagai keperluan kerja diantaranya berguna untuk Chatgpt, mencari data-data kependudukan desa. “Untuk gamma aplikasi AI bisa digunakan untuk membuat slide presentasi secara cepat tanpa harus bingung memikiri tema dan mencari jurnalnya,” terang Muhammad dihadapan perangkat desa.

Dalam Aplikasi AI, sambung Muhammad Leader Metting AI, bisa digunakan untuk merangkum semua percakapan yang ada dalam meeting online memberikannya rangkuman dari seluruh pembicaraan dan recap dari videonya selama meeting online berjalan. “Salah satu keunggulan Meeting AI ini yaitu, adanya dukungan dari beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia,” pungkasnya.

Sekedar informasi, kegiatan Pengabdian Mahasiswa Masyarakat (PPM)  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, di buka oleh Siswoyo Kepala Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar dan kegiatan ini akan berlangsung selama 3 minggu yang di mulai hari ini tanggal 24 Januari 2024. (*)

PMM Unmuh Malang foto bersama dengan kades dan perangkat desa Bumirejo (Istimewa/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button