TNI Dan Polri

Polda Sulbar gelar Rakor Penanggulangan Bencana Alam

Sulbar.Beritanasional.id – Guna menanggulangi ancaman bencana alam di wilayah seperti banjir, longsor, angin kencang dan sebagainya, Kapolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama instansi terkait.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Aula Aya Guna Mapolda ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar bersama Sekda Provinsi, Ketua DPRD Provinsi, Danrem 142 Tatag, Ketua BPBD, Ketua Basarnas serta dihadiri oleh para Pejabat Utama, Instansi terkait, para media dan seluruh personil Polda Sulbar maupun jajaran yang dilibatkan, Kamis (9/1/20).

Kegiatan rakor ini mengangkat tema “Dengan rapat koordinasi kita tingkatkan sinergitas Pemerintah Provinsi, TNI dan Polri beserta jajaran dalam rangka kesiap siahaan penanggulangan bencana di Wilayah Provinsi Sulbar”.

Kapolda Sulbar dalam sambutannya mengharapkan dalam rapat koordinasi ini adanya masukan informasi dari seluruh peserta rapat yang bisa dijadikan acuan dalam mengambil langkah khususnya oleh leading sektor penanggulangan bencana alam di wilayah prov. Sulbar tahun 2020.

Disamping itu perlu kita pedomani bersama penekanan presiden republik indonesia pada rapat terbatas yang membahas bencana alam, tanggal 3 januari 2020 sebagai berikut :

1. Leading sektor penanggulangan bencana oleh BNPB di tingkat pusat dan BPBD di tingkat wilayah;

2. Institusi tingkat pusat yang terlibatkan dalam menangani bencana yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Polri, TNI, Basarnas dan BMKG serta di tingkat wilayah menyesuaikan;

3. Seluruh instansi baik tingkat pusat dan wilayah mempunyai peran dalam penanganan bencana;

4. Jalin sinergitas yang baik antar lembaga negara dalam penanganan bencana.

Disamping itu, berdasarkan perkiraan cuaca badan metereologi, klimatologi dan geofisika secara nasional, puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada bulan januari hingga februari 2020. Sehingga perlu adanya kesiapsiagaan, keterpaduan dan koordinasi yang baik dari seluruh pihak dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Prov. Sulbar mulai dari saat siaga darurat bencana, saat terjadi kejadian bencana dan pasca bencana.

Dikesempatan yang sama, Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada kepala BMKG sulbar yang selama ini telah memberikan informasi prakiraan cuaca setiap saat melalui grup Whatshap Info BMKG Sulbar, mudah-mudahan BMKG bisa menyajikan informasi perkiraan cuaca yang dapat dengan mudah diakses oleh seluruh masyarakat provinsi sulbar. Kepada kepala BPBD Prov. Sulbar selaku leading sektor penanganan bencana agar bisa menginisiasi kelanjutan rapat koordinasi ini dengan mengadakan kegiatan terkait penanggulangan bencana di wilayah Prov Sulbar dalam bentuk apel siaga bencana yang didahului dengan pelatihan gabungan seluruh instansi terkait.

Mengakhiri sambutannya, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRF Prov. Sulbar, Sekda Prov. Sulbar, Danrem 142 Tatag, kepala Basarnas Prov. Sulbar dan kepala BPBD Prov. Sulbar dan seluruh hadirin peserta rapat koordinasi hari ini, kami tahu bahwa tugas-tugas banyak yang menunggu, namun demi keterpaduan dan koordinasi yang baik dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana di wilayah Prov. Sulbar rela meluangkan waktu dan menyempatkan diri untuk hadir.

“Kita harus yakin bahwa dengan niat yang tulus untuk hadir tentunya akan bernilai ibadah di sisi tuhan yang maha kuasa,” Tandas Kapolda.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan koordinasi seluruh peserta rakor dalam rangka merumuskan permasalahan bencana alam di Sulbar sebagai upaya antisipasi.

Sementara itu, Kabid Humas AKBP Hj. Mashura menjelaskan kegiatan ini adalah upaya dan kepedulian bersama menjaga keamanan, keselamatan seluruh masyarakat di Sulbar dalam menyikapi ancaman bencana, tutur Kabid Humas.

Humas Polda Sulbar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button