HeadlineNasional

Polda Sumbar Tidak Berikan Sanksi Tilang bagi Pengendara Gunakan Sandal Jepit

BeritaNasional.ID, SUMBAR – Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.IK memastikan, bahwa Polda Sumbar dan jajaran tidak akan memberikan sanksi tilang bagi pengendara yang menggunakan sandal jepit saat berkendara, khususnya sepeda motor. Namun, pihaknya akan memberikan imbauan bagi mereka yang berkendara terlihat menggunakan sandal jepit tersebut.

“Hanya beri imbauan. Ini kami lakukan untuk mencegah dan meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan. Seperti yang diungkapkan oleh Kakorlantas Polri sebelumnya,” kata Kombes Pol Satake Bayu, Jumat (17/6/2022).

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat di Provinsi Sumatra Barat, khususnya pengendara sepeda motor sebaiknya saat berkendara menggunakan sepatu karena lebih safety.

“Lebih baik pakai sepatu atau sejenisnya yang bisa melindungi bagian kulit pada kaki. Ajakan dan imbauan ini demi kebaikan pengendara juga dan mudah-mudahan kita terhindar dari hal tersebut (lakalantas),” imbaunya.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan, ihwal imbauan penggunaan sandal jepit untuk pengendara sepeda motor itu penting untuk meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan.

“Kita mengumpamakan seorang pengendara yang hendak pergi menggunakan sepeda motor dengan jarak dekat. Alih-alih menggunakan sandal jepit,” jelas Firman.

Pihaknya menghimbau pengendara itu seharusnya menggunakan sepatu untuk menghindari kecelakaan. Karena kecelakaan justru kerap terjadi saat pengendara melakukan perjalanan jalan dekat yang rutin dilakukan setiap hari.

“Karena ada masyarakat yang bilang begini, pak cuman deket aja jok, masa cuman mau beli tempe doang ke pasar pakai sepatu segala macam itu. Kecelakaan dijalan justru dari rumah ke pasar beli tempe yang dia rutin tiap hari dan tidak ada kecelakaan itu memang yang sengaja,” imbau Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, Rabu (15/6/2022) lalu.

Oleh karena itu, setiap pengendara sepeda motor hendaknya mempersiapkan sebaik mungkin, sebelum keluar rumah menggunakan motor baik jarak dekat maupun jarak jauh. Salah satunya menggunakan sepatu, helm dan jaket sebagai bentuk ikhtiar untuk menghindari kecelakaan.

“Kalau Ikhtiar kita sudah maksimalkan, namun masih terjadi juga, Tuhan sudah punya rencana, tapi kita ikhtiar maksimal. memperkecil fatalitas kecelakaan dengan memberikan perlindungan yang cukup bagi anggota tubuhnya roda dua khususnya,” jelas Firman. (Warman)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button