Daerah

Polemik BKSM, Diknas Ponorogo Pastikan Lebih Tepat Sasaran

BeritaNasional.ID, Ponorogo – Beredarnya pemberitaan di beberapa media online terkait penyaluran Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) mendapat tanggapan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Sarjono mengatakan, terkait pemberitaan tersebut tidak benar adanya. Dan media yang bersangkutan sama sekali tidak konfirmasi ke dinas pendidikan. Padahal, selama ini pihaknya terbuka untuk semua media, serta siap menerima saran dan kritik

“Penyaluran BKSM sudah sesuai prosedur yang ada. Sesuai Perbup dan data yang ada. Jadi yang diberitakan di beberapa media online yang menyatakan bantuan tersebut salah sasaran, itu tidak benar,” kata Sarjono, Sabtu (17/10).

Terkait penyaluran BKSM yang berupa barang yakni perlengkapan sekolah, itu juga sudah melalui persetujuan semua pihak. Mulai dari pihak sekolah, wali murid, dan pihak terkait.

Sarjono menegaskan, semua bantuan ini berbentuk barang perlengkapan sekolah untuk mendukung proses pendidikan mereka. Selain itu, ini dianggap lebih tepat sasaran daripada berbentuk uang namun tidak jelas penggunaannya.

“Ini lebih tepat sasaran. Ada yang berupa alat tulis dengan tasnya, ada yang memilih sepatu, ada yang seragam atau barang lainnya sebagai kelengkapan untuk bersekolah,” tegasnya.

Penentuan barang sebagai wujud BKSM dilakukan oleh orang tua dengan pengisian lembar daftar isian. Lembaran tersebut kemudian diserahkan ke kepala sekolah untuk diteruskan ke koperasi yang sudah diverifikasi.

“Pelaksanaan program BKSM ini mengacu pada Peraturan Bupati Ponorogo nomor 16 tahun 2020. Jadi tiap anak bisa mendapatkan barang yang berbeda-beda meskipun satu sekolah. Koperasi tinggal menyediakan barang yang diminta oleh para wali murid. Nilai barangnya ya Rp175 ribu tersebut,” tandasnya. (tim)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close