NasionalSulawesi

POLMAN : Ribuan Kotak Suara TPS Pemilu 2019 Tiba

POLMAN – Ribuan kotak suara Pemilihan Umum Tahun 2019 untuk Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat tiba. Kotak suara untuk perlengkapan TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pemilu 2019 itu terdiri 6.301 buah untuk kebutuhan 1.229 TPS di Polman.

Diangkut dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar menggunakan 2 mobil kontainer dan sebuah truk, tiba di Polewali. Jumat, 19 Oktober 2018 siang, langsung dibongkar dan disimpan di sebuah bangunan yang difungsikan sebagai gudang KPU Polman di Jalan Budi Utomo, Pekkabata.

Ketua KPU Polman, M Danial mengatakan, kotak suara itu untuk perlengkapan 1.229 TPS Pemilu Tahun 2019 yang tersebar di 167 PPS (Desa/Kelurahan). Kebutuhan setiap TPS terdiri 5 kotak suara, terdiri untuk pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April 2019.

“Perlengkapan setiap TPS sebanyak lima kotak suara, terdiri untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, dan Pilpres.” Jelas M. Danial.

Kotak suara berwarna putih itu, berukuran 40 x 40 x 60 Centimeter, menggunakan bahan karton kedap air dengan sisi bagian depan terdapat semacam jendela yang terbuat dari bahan plastik mika transparan. Dijelaskan, bahwa salah satu sisi kotak suara didesain transparan, agar surat suara dapat terlihat dari luar. Pada salah satu sisi kotak terdapat tulisan KPU.

Pembongkaran kotak suara dari truk, selain disaksikan Ketua KPU M Danial, Anggota Bawaslu Polman Usman Sahamma, Kabag Perlengkapan Sekretariat KPU Sulbar Yaya Wahab, Sekretaris KPU Polman Anwar Sida.

Untuk memastikan kualitas dan ketahanan kotak suara, Danial dan Usman Sahamma sempat mencoba duduk di atasnya setelah dipasang oleh staf KPU.

Menurut Sekretaris KPU Anwar Sida, pengadaan kotak suara langsung oleh KPU RI. Kotak suara untuk KPU Polman  diproduksi rekanan PT Karya Indah Multiguna, Bekasi.

“Nanti akan menyusul tiba bilik suara.” Kata Sekretaris KPU Anwar Sida.

Laporan  :  Wiwin.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button