BondowosoDaerahJawa Timur

Polres Bondowoso Bentuk Polisi RW

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Tugas seorang Polisi adalah menganyomi, melindungi dan melayani masyarakat dengan memberikan rasa aman. Itu tugas yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota Polri.

Dengan cara melakukan pendekatan dan menerima keluhan-keluhan dari masyarakat guna terciptanya Kamtibmas serta Presesi. Seperti halnya yang telah dilaksanakan oleh Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH. S.I.K.

Bimo, sapaannya memberikan arahan kepada anggota Polres Bondowoso terkait tugas dan tanggung jawab sebagai Polisi RW dilingkungan masyarakat. Kapolres meminta kepada seluruh polisi RW untuk bekerja secara ikhlas.

“Bekerjalah dengan tulus dan temui masyarakat dengan santun serta penuh dengan senyuman,” pintanya. Tidak hanya itu, Kapolres juga memberikan asistensi kepada Polisi RW di lingkungan Polres Bondowoso, di Gedung Endra Darma Laksana Polres Bondowoso.

Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH. S.I.K berpesan, sebagai polisi RW, bekerjalah secara ikhlas, tulus, temui masyarakat dengan santun, berikan informasi tentang program pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Serta berikan informasi tentang apa saja program-program Polri. Menurut Kapolres Bondowoso, pengarahan kepada anggota terkait Polisi RW adalah dalam rangka meneruskan program pemerintah dan program Polri dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Serta program menyangkut masalah polisi RW yang langsung terjun ke Masyarakat sebagai problem solving di lingkungan tingkat RW. “Program Polisi RW ini menjadi salah satu solusi Polri dalam menyebabkan setiap permasalahan di masyarakat,” jelasnya.

Masih banyak anggota polisi yang jarang terjun ke masyarakat dan mengenalkan diri. Dengan adanya polisi RW kami berharap, semua polisi akan bertatap muka dengan masyarakat di RW setempat.

Serta mengenalkan diri sebagai polisi RW yang siap membantu semua permasalahan-permasalahan yang ada di setiap RW tersebut. Orang nomer satu di Mapolres Bondowoso juga mengharapkan, program ini menjadikan masyarakat yang ada di lingkungan tersebut menjadi sadar.

Sadar Kamtibmas, memberikan informasi apa saja terhadap kejadian yang ada di wilayahnya. “Apa pun permasalahan yang ada dalam situasi di lingkungan RW tersebut, tolong berikan solusi yang terbaik,” pintanya.

Jadi, kehadiran kita membuat dampak yang positif. Kami tidak berharap, kehadiran polisi malah mendapatkan yang negatif. Maka, kami berharap polisi RW yang akan kita terjunkan adalah yang terbaik dan mempunyai budi pekerti, akhlak, dan kelakuan yang baik.

Sehingga masyarakat merasa kehadirannya memang bermanfaat. Kapolres menjelaskan berbedaan antara Polisi RW dengan Babintrantibmas di lingkungan masyarakat. “Polisi RW tugas pokok dan fungsinya tidak jauh berbeda dengan babinkamtibmas,” jelasnya.

Namun diharapkan, dengan polisi RW, Polri lebih dekat dengan masyarakat. Jangkauannya lebih luas lagi. Memang di wilayah Polres Bondowoso belum 100 persen keberadaan polisi RW, tapi akan diupayakan di seluruh Bondowoso ada Polisi RW.

“Dengan harapan, di lingkungan masyarakat, apabila terjadi suatu permasalahan apapun itu bisa dikomunikasikan dengan polisi RW itu sendiri. Untuk polisi RW di wilayah Polres Bondowoso, disesuaikan dengan jumlah personil,” kata Bimo.

Mudah-mudahan dengan adanya program ini permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa cepat kita terima, dan cepat kita beri solusi pemecahannya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button