Jawa TimurProbolinggo

Polres Probolinggo Kota Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM- Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Juni diperingati oleh jajaran Polres Probolinggo Kota dengan upacara bendera. Berlangsung di Lapangan apel, Upacara dipimpin oleh Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Subiyantana, S.H., M.H., beserta para Pejabat Kepolisian Utama (PJU) dan anggota.

Dalam suasana khidmat, Kompol Subiyantana mengingatkan pentingnya semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Ia menekankan pentingnya menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika dan memupuk persatuan serta kesatuan di tengah keberagaman yang ada.

“ 1 Juni 2023 kita memperingati hari lahir Pancasila, dimana pada hari yang bersejarah ini bapak proklamator Indonesia, Bung Karno merumuskan dan merenungkan pancasila, oleh karena itu marilah kita membumikan pancasila dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat “, jelasnya.

“Pancasila sebagai bintang penuntun hidup, bangsa indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Sebagai aparat negara hendaknya kita menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila sebagaimana terkandung dalam tema hari lahir pancasila tahun 2023 “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.,” ujarnya.

Selain itu, dalam upacara tersebut juga dilakukan pembacaan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Wakapolres mengakhiri sambutannya dengan mengajak seluruh peserta upacara untuk menjaga dan memperkuat semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari serta berkomitmen dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya pada kita semua dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button