Kalimantan Barat

Polres Sekadau Gelar Anev Kinerja Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas secara Virtual

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Polres Sekadau menggelar kegiatan anev kinerja Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas secara virtual pada Rabu (6/12/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas tugas kepolisian dan memperkuat kemitraan dengan masyarakat.

Dalam sambutannya, Kapolres Sekadau AKBP Suyono, melalui Kasat Binmas AKP Masdar, menegaskan pentingnya netralitas Polri dalam menjalankan tugas kepolisian terutama dalam pengamanan Pemilu 2024.

“Kita harus memahami dan menginternalisasi betapa pentingnya netralitas Polri dalam pelaksanaan pemilu. Tugas utama kita adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tanpa adanya kecenderungan memihak kepada pihak politik manapun,” tegas AKP Masdar.

Selain itu, AKP Masdar juga menginformasikan kegiatan peringatan HUT Satpam ke-43 Tahun 2023 di bulan Desember. Kepada Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas agar berkoordinasi dengan pengguna jasa pengamanan untuk dapat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dalam diskusi mengenai penanganan konflik sosial, AKP Masdar menyoroti peran penting Bhabinkamtibmas dalam mengambil tindakan persuasif yang cepat dan efektif untuk mencegah eskalasi konflik yang lebih besar.

“Bhabinkamtibmas harus dapat bertindak sebagai penengah dalam meredakan konflik sosial dengan melakukan pendekatan persuasif dan berkomunikasi aktif dengan para tokoh dan pihak-pihak terkait,” ujar AKP Masdar.

Dalam kesempatan yang sama, KBO Sat Binmas IPDA Budi Hamdani menambahkan pentingnya melakukan monitoring setiap kejadian yang terjadi di wilayah tugas masing-masing anggota Bhabinkamtibmas.

“Kami mendorong para Bhabinkamtibmas untuk menjalankan tugas dengan aktif dan melaporkan setiap perkembangan yang berpotensi mempengaruhi situasi keamanan di desa binaan,” kata IPDA Budi.

Sementara itu, Kanit Bhabinkamtibmas Bripka Nanang juga mengingatkan pentingnya laporan kegiatan rutin melalui aplikasi BOS V2, yang membantu memudahkan pelaporan dan pemantauan situasi di desa binaan secara efisien.

Sebagai bagian dari program Quick Wins Presisi Polri di Polres Sekadau, kepada Polisi RW diinstruksikan untuk secara rutin mengirimkan laporan pelaksanaan kegiatan harian. Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya monitoring yang baik terhadap perkembangan situasi di tingkat RW guna mendukung upaya penanganan konflik dengan cepat dan tepat. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button