HeadlineKalimantan Barat

Polsek Belitang Gelar Jumat Curhat, Dengar Keluhan dan Tingkatkan Kamtibmas di Desa Setuntung

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Masyarakat Desa Setuntung pada Jumat (11/8/2023) pagi, berkumpul di Kantor Desa untuk mengikuti kegiatan Jumat Curhat yang diadakan oleh Polsek Belitang. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat Desa, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda desa Setuntung.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Belitang IPDA Moh Haerudin memberikan pesan Kamtibmas terkait pengungkapan kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Desa Padak beberapa waktu yang lalu. Salah satu pelaku berhasil diamankan oleh Sat Reskrim Polres Sekadau.

“Kepada masyarakat, kami mengimbau agar lebih berhati-hati dalam menyimpan uang dengan jumlah yang banyak. Lebih baik disimpan di bank untuk mencegah dan mengurungkan niat pelaku kejahatan,” ujar Kapolsek Belitang IPDA Haerudin.

Selain itu, IPDA Haerudin juga mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Terutama dalam menanggapi postingan, penting untuk meneliti terlebih dahulu sumber dan keaslian informasi yang disampaikan.

Dalam sesi diskusi, Kepala Desa Setuntung, Moh Saleh, menginformasikan tentang banyaknya warga dari luar yang menawarkan obat-obatan herbal dan barang lainnya. Desa meminta saran kepada kepolisian mengenai penanganan masalah ini.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Belitang menjelaskan bahwa pelaku usaha dari luar diperbolehkan menawarkan barang dagangannya kepada warga, namun dilarang untuk memaksa membeli. Apabila ada unsur paksaan, masyarakat diharapkan segera melaporkan kepada pihak kepolisian demi keamanan.

“Warga diberikan kebebasan untuk menerima atau menolak barang dagangan yang ditawarkan oleh para pelaku usaha. Disarankan agar teliti dan waspada terhadap produk yang ditawarkan, dengan memeriksa masa kadaluarsa dan ijin dari balai pom yang dapat dilihat secara langsung. Apabila ada kecurigaan, masyarakat diharapkan segera melapor kepada pihak kepolisian melalui Bhabinkamtibmas,” imbau Kapolsek.

Kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan Polsek Belitang ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tindakan pencegahan kejahatan serta menjalin komunikasi yang baik antara kepolisian dan masyarakat Desa Setuntung. (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button