DaerahJawa TimurOlahragaSitubondo

Porprov VIII Jatim 2023, Atlet Paralayang Situbondo Sabet Medali Perak

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Hadi Prianto Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bangga dengan perolehan medali perak pada cabang olahraga paralayang kelas lintas alam beregu putri ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII tahun 2023.

Lebih lanjut, Hadi Prianto mengatakan, Cabor paralayang yang masih baru dirintis bisa menorehkan prestasi pada ajang poprov Jatim tahun 2023. Hal ini merupakan salah satu kebanggan dan harus mendapat apresiasi atas kegigihan para pelatih dan semangat para atlet cabang olahraga paralayang dan aeromodelling yang berlatih meski dalam keterbatasan peralatan.

“Cabang olahraga paralayang hanya memiliki tiga orang atlet yakni dua putri dan satu putra. Seluruh atlet paralayang Situbondo masih berstatus pelajar SMA dan SMP, yakni Naval Fairozy (16) SMA Negeri 1 Situbondo, Ratu Avril Salsabila (16) SMA Negeri 1 Situbondo, dan Safira Jihan Fauziyah (14) SMP Negeri 3 Panarukan,” ujar Ketua Komisi I DPRD Situbondo Hadi Prianto kepada wartawan, Senin (18/9/2023).

Walaupun, peralatan seperti parasut yang dimiliki cabor paralayang Situbondo baru ada satu unit, sambung Hadi Prianto, namun semangat latihan yang dilakukan atlet sangat luar biasa. “Setiap latihan atlet harus bergantian menggunakan parasut, dan bahkan saat mengikuti ajang Porprov Jatim 2023 yang berlang tanggal 9-16 September 2023 laly, harus meminjam ke kabupaten lain. Ini prestasi yang luar biasa, karena ini merupakan olahraga rintisan dan penuh dengan keterbatasan,” jelas Hadi yang menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Aero Sport Indonesia atau FASI Kabupaten Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Hadi, namun dia juga berharap Pemkab Situbondo khususnya Komite Olahraga Nasional Indonesia Situbondo memberikan dukungan penuh terhadap olahraga dirgantara yakni paralayang dan aeromodelling, sehingga ke depan dua cabang olahraga ini bisa semakin Berjaya.

“Peralatan olahraga dirgantara ini harganya cukup mahal. Selain itu, kami juga berharap ada tempat latihan take off dan landing paralayang. Saat ini yang kami gunakan untuk uji coba yaitu di wilayah Kecamatan Jatibanteng,” pungkas Hadi.

Sekedar informasi, Porprov Jatim VIII tahun 2023 berlangsung di empat kabupaten/kota yakni di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang ini, Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui KONI hanya menerjunkan 94 atlet dari 19 cabang olahraga untuk berlaga pada Porprov Jatim VIII tahun 2023. Pada porprov sebelumnya Situbondo mengirim 200 atlet. Pada poprov Jatim tahun ini kontingen Situbondo menyabet empat medali perak dan enam medali perunggu, pada delapan cabang olahraga.

Adapun 10 medali yang berhasil diraih, yakni medali perak empat cabor di antaranya catur mix cepat, balap sepeda criterium putra, binaraga men physique, dan paralayang xlc beregu putri. Sedangkan enam medali perunggu yakni petanque triple men, senam nomor meja, anggar degen beregu putri, petanque double mix, tenes lapangan tunggal putra, dan tenis lapangan ganda putra. (Heru)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button