DaerahNasionalPendidikan

Program Seragam Sekolah Gratis Terus Digulirkan, Bupati ASA: Meringankan Beban Biaya Orang Tua Siswa

BeritaNasional.ID, Sinjai – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kendali Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di bidang Pendidikan menggulirkan Program Pemberian Seragam Sekolah Gratis. Bantuan program ini berupa seragam sekolah, tas, dasi, topi, ikat pinggang, jilbab hingga alat tulis menulis.

Program ini Guna membantu serta meringankan beban orang tua siswa/siswi baru untuk kelengkapan sekolah anak-anaknya. Serta untuk meningkatkan minat belajar 9 tahun. Berlaku bagi siswa/siswi baru kelas 1 jenjang sekolah dasar (SD) serta siswa baru kelas 1 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai.

Hal itu di ungkapkan Bupati ASA pada Selasa Kemarin dimana Ini untuk meringankan beban biaya para orang tua siswa, terlebih di masa pandemi saat ini, kata Bupati ASA, Rabu (29/9/2021)

Walaupun ditengah keterbatasan anggaran akibat adanya refokusing, namun niat tulus Bupati ASA untuk membantu para orang tua siswa/siswi ini tidak pernah surut.

“Namanya pendidikan, ya harus diprioritaskan karena hak dasar masyarakat. Makanya program ini terus berlanjut meski keuangan daerah kita terbatas,” jelasnya.

Dari data Dinas Pendidikan Sinjai, merinci pada tahun 2019 anggaran yang dialokasikan untuk program ini berkisar Rp 2,4 miliar untuk 6.737 siswa baru baik tingkat SD maupun sekolah SMP.

Kemudian di tahun 2020, alokasi dana yang disiapkan mengalami peningkatan menjadi Rp2,6 miliar untuk jumlah siswa yang menghampiri 6.697 siswa.

Hingga kini, Tahun 2021 merupakan tahun ketiga pelaksanaan program ini. Pemkab Sinjai mengucurkan anggaran sebesar Rp2,8 miliar dengan sasaran 6.621 siswa. (Alamsyah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button