Daerah

Proyek Mangkrak, Pemdes Cluring Tetap Alokasikan Anggaran Pemeliharaan

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Meskipun proyek air bersih yang ada di Desa/Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, tidak berjalan alias mangkrak, ternyata alokasi dana untuk pemeliharaan proyek tersebut tetap dianggarkan oleh Pemdes Cluring. Pengalokasian anggaran yang direalisasikan oleh Pemdes Cluring tersebut tercatat di website Sistem Informasi Desa yang telah dilaporkan di Kemendesa.

Di dalam lampiran tersebut jelas tercatat dalam APBDesa tahun anggaran 2019 untuk Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan sambungan air bersih ke rumah tangga (pipanisasi) besaran anggaran 5 juta rupiah dengan kode rekening 2.04.12 yang berasal dari Dana Desa Silpa. Tidak hanya di tahun 2019 saja, Pemdes Cluring juga mengalokasikan anggaran peningkatan dan pemeliharaan proyek air bersih yang mangkrak tersebut di tahun anggaran berikutnya.

Dalam APBDesa Tahun anggaran 2020 yang dilaporkan ke Kemendesa oleh Pemdes Cluring, tercatat ada dua anggaran yang dialokasikan untuk proyek air bersih tersebut. Pertama anggaran untuk pemeliharaan sambungan air bersih ke rumah tangga (pipanisasi) besaran anggaran 5 juta rupiah dengan kode rekening 2.04.04 yang berasal dari Dana Desa Silpa. Sedangkan alokasi anggaran yang ke dua untuk Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan sambungan air bersih ke rumah tangga (pipanisasi) besaran anggaran 7,5 juta rupiah dengan kode rekening 2.04.12 yang berasal dari Dana Desa Silpa.

Anggaran 5 juta rupiah dengan kode rekening 2.04.04 dan anggaran 7,5 juta rupiah dengan kode rekening 2.04.12 yang berasal dari Dana Desa Silpa
Anggaran 5 juta rupiah dengan kode rekening 2.04.04 dan anggaran 7,5 juta rupiah dengan kode rekening 2.04.12 yang berasal dari Dana Desa Silpa

Najamudin Arif, SE yang pernah menjabat Pjs Kepala Desa Cluring pada tahun 2019, membenarkan bahwa pada tahun dia menjabat pernah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan proyek air bersih yang sampai saat ini terbengkalai tersebut.

“Saya sendiri yang mengasihkan uang 5 juta rupiah ke mas Pujianto selaku pengelolanya,” jelas ASN yang berkantor di Kantor Camat Cluring, Minggu (21/2/21).

Suparno (50), salah satu warga Desa Cluring sangat menyesalkan adanya pengalokasian anggaran yang ditujukan untuk pemeliharaan proyek tersebut.

“Proyek air bersihnya saja gak berjalan kok malah ada anggaran pemeliharaan, kan aneh jadinya mas,” tambahnya.

Sementara itu, Sunarto, selaku Kepala Desa Cluring saat di mintai penjelasan via jaringan WhatsApp terkait alokasi anggaran tersebut tidak merespon sama sekali. (Hary)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button