DaerahLangkatSumatera UtaraSUMUT

“Proyek Migas” EMP Gebang Limited Lakukan Sosialisasi Pembangunan Insfratruktur di Tanjung Pura

BeritaNasional.ID, LANGKAT SUMUT – EMP Gebang-SKK Migas melakukan silaturahmi sekaligus melaksanakan sosialisasi ke pihak Forkopimcam Tanjung Pura dan sejumlah aparat pemerintahan desa, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tanjung Pura, Jumat (19/1/2024).

Sosialisasi dilakukan terkait kegiatan Drilling Site Preparation (DSP) atau mempersiapkan lokasi pengeboran sumur pengembangan sebagai implementasi Plan Of Development (POD) Lapangan Secanggang, yaitu sumur Migas SCGD-01, yang berada di Dusun 8 Pangkalan Biduk, Desa Bubun, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut.

Terkait kegiatan proyek Migas di Desa Bubun, pihak EMP Gebang Ltd, akan melaksanakan pembangunan sejumlah jembatan, perbaikan jalan, staging area dan reklamasi.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dihadiri Agus Wahyudi selaku Ops. Manager EMP Gebang beserta anggota, Sutrisno selaku kontraktor PT. CEP beserta anggota. Selanjut dari unsur Forkopimcam yakni Camat Tanjung Pura, Muhammad Nawawi, S.STP, MSP, Kapolsek Tanjung Pura AKP Andri Gom Gom Tua Siregar, S.H, Danramil Tanjung Pura diwakili Pelda Asrul Muhammad.

Selanjutnya hadir Kepala Desa Bubun Marwan PA, Kepala Desa Pematang Cengal Arusman, Kepala Desa Pantai Cermin Muhammad Taufiq, Kepala Desa Pekubuan Syaiful Rahman, Kepala Desa Kwala Langkat Mahyudanil, serta sejumlah ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terkait, dimana desa mereka terkena lintasan kegiatan proyek Migas EMP Gebang Ltd.

Sebelumnya, Camat Tanjung Pura, Muhammad Nawawi, S.STP, MSP, dalam kata sambutanya mengatakan, sangat mendukung kegiatan EMP Gebang ltd ini, bahkan pihaknya mengatakan sangat bersukur adanya kegiatan proyek Migas di kecamatannya.

“Saya minta bagi kepala desa yang desanya terdampak kegiatan Migas oleh EMP Gebang Ltd dapat mendukung kegiatan nasional ini. Para kepala desa bisa melakukan koordinasi dengan baik kepihak EMP Gebang maupun ke kontraktor PT Catur Elang Perkasa (PT CEP) nantinya,” sebut M Nawawi.

Halsenada juga dikatakan Kapolsek Tanjung Pura AKP Andri Gom Gom Tua Siregar, S.H, serta Danramil Tanjung Pura diwakili Pelda Asrul Muhammad. Mereka mengatakan sangat mendukung kegiatan proyek Migas di Tanjung Pura.

“Kami mendukung kegiatan ini. Warga Tanjung merasa bersukur karena letak kegiatan ini berada di Tanjung Pura. Oleh karena itu, bagi kades-kades nanntinya dapat berkordinasi dengan baik dengan pihak perusahaan,” ucap Pelda Asrul Muhammad.

Begitu juga dengan Kapolsek Tanjung Pura AKP Andri Gom Gom Tua Siregar, S.H,. Ia menjelaskan, bahwa dirinya masih hitungan hari menjabat Kapolsek Tanjung Pura disini. Ia pun menuturkan, Polsek Tanjung Pura siap memberikan pelayanan dan keamanan. Pintu Polsek terbuka untuk siapa saja yang datang, yang membutuhkan keamanan ketertipan, dan siap melayani masyarakat, ungkapnya.

Agus Wahyudi selaku Ops. Manager EMP Gebang Ltd setelah memperkenalkan diri dan memberi kata sambutan, pihaknya langsung memaparkan rencana kerjanya, diantara akan membangun 11 jembatan baru dan memperbaiki jalan sepanjang 17 kilomerer di beberapa desa yang menjadi pelintasan proyek Migas, termasuk akan melakukan reklamasi pantai di area lokasi pengeboran Migas.

“Kita mulai pengerjaan perbaikan jalan dan pembangunan jembatan dibulan Februari ini, dan pengeboran dimulai bulan Agustus tahun ini. Jadi Ada waktu 5 bulan menyelesaikan pekerjaan jalan dan jembatan,” bebernya.

Agus Wahyudi juga menjelaskan, terkait kegiatan ini akan ada tenaga kerja lokal (desa) yang dipekejakan. Setelah selesai pekejaan jalan dan jembatan, nanti akan ada 200 unit kederan/mobil Rig ber iringan yang masuk menuju lokasi proyek Migas. Mobil tersebut membawa peralatan pengeboran Migas, ucapnya. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button