Jawa Tengah

PT. Winner Internasional Akan Merekrut Ribuan Tenaga Kerja di Kabupaten Tegal

BeritaNasional.ID, Tegal – Wabah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia memberikan dampak besar pada semua sektor, tak terkecuali perekonomian yang berimbas banyaknya para pekerja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, PT. Winners Internasional yang berada di Margasari masih merekrut ribuan karyawan baru untuk bekerja di pabrik yang bergerak dibidang industri garmen itu.

Direktur PT. Winners Internasional, Shim Won Taek membenarkan informasi perekrutan ribuan tenaga kerja tersebut. Shim mengatakan bahwa PT. Winners membutuhkan 10 ribu tenaga kerja terampil yang akan menjadi operator mesin jahit. “PT. Winners memiliki 5 factory, dalam satu factory akan menampung 2.000 karyawan,” kata Shim saat acara Penutupan Pelatihan Operator Garmen Onsite di PT. Winners Internasional pada Selasa (25/8/2020).

Pada tahap perekrutan, Shim menyampaikan dalam waktu dekat ini pihaknya baru dapat menerima 2.000 tenaga kerja yang akan bekerja mulai 5 Oktober 2020 mendatang. “Sementara baru 1 factory yang bisa beroperasi. Untuk factory selanjutnya akan mulai beroperasi pada Maret 2021 mendatang,” tuturnya.

Untuk dapat bekerja di PT. Winners, Shim menjelaskan beberapa persyaratan, diantaranya perempuan umur 18 sampai 35 tahun, minimal tamatan SD, melampirkan fotokopi KTP, SKCK, KK, akte keluarga, kartu kuning, ijazah terakhir, surat keterangan dokter, daftar riwayat hidup, foto berwarna 2 lembar. Semua berkas dapat dikirimkan ke PT. Winners Internasional yang beralamatkan Jalan Marga Ayu RT 03/RW 04 Kecamatan Margasari.

Sebelum pabrik beroperasi, para tenaga kerja yang akan bekerja di PT. Winners Internasional mendapatkan pelatihan 3 in 1 dari Balai Diklat Industri (BDI) Surabaya. Selain dilatih oleh BDI, para tenaga kerja akan mendapatkan sertifikasi dan kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Potensi (BNSP).

Bupati Tegal Umi Azizah menyambut baik adanya pelatihan 3 in 1 yang diadakan oleh BDI Surabaya untuk tenaga kerja PT. Winners Internasional. Umi memandang pelatihan 3 in 1 nantinya akan bermanfaat bagi para tenaga kerja. Karena, selain dilatih mengoperasikan mesin jahit sampai cara membuat baju, tenaga kerja juga mendapatkan sertifikat dan kompetensi dari BNSP.

Disamping itu, Umi berharap keberadaan PT. Winners dapat menyerap ribuan tenaga kerja di Kabupaten Tegal. Sehingga harapannya, masyarakat Kabupaten Tegal yang masih mencari lowongan pekerjaan dapat bekerja di PT. Winners.

“Mudah-mudahan dengan bekal pelatihan 3 in 1 dari BDI Surabaya para tenaga kerja dapat menjadi tenaga kerja yang terampil dan kompeten,” ujar Umi.

Di tempat yang sama, Kepala Balai Diklat Industri Surabaya Muhadi menuturkan bahwa dalam pelatihan terdiri dari 100 orang yang dilakukan secara bertahap. Harapannya dari pelatihan ini para tenaga kerja memiliki kompetensi dan siap bekerja. Terlebih BDI telah bekerjasama dengan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) yang memiliki instruktur untuk melatih para tenaga kerja.

“Dengan bekal sertifikat BNSP ini sudah dipastikan para tenaga kerja memiliki skill dan kompetensi yang bagus,” pungkasnya.*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close