NasionalSumatera

Pugung Tanggamus Lestarikan Budaya Gitar Tunggal Sebagai Budaya Asli Lampung

BeritaNasional.ID, LAMPUNG – Melestarikan adat budaya lampung, masyarakat Kecamatan Pugung masih cinta budaya asli lampung gitar tunggal dalam rangka meriahkan acara hajat khitanan Muhammad Dzikri putra Anton dan Elizabet warga Pekon Banjar agung udik Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, yang dilaksanakan pada minggu malam (21/05/22).

Gitar Tunggal yang dilaksanakan sebelum Hari H acara hitanan yang disambut sangat antusias segenap warga Pugung, dimeriahkan oleh artis lampung Erwinardo dan kawan-kawan, serta khusus artis pugung Heri, memeriahkan khitanan putra pertama dari bapak Anton dan Elizabet Muhammad Dzikri, yang beralamat digank pelita Pekon Banjar agung udik

Kepala Pekon Banjar agung udik H.Yuhendri mengatakan acara gitar tunggal ini sangat bagus mendidik generasi muda agar cinta budaya daerah sendiri, juga lebih mengenal adat budaya khas lampung khususnya adat lampung pupadun yaitu lampung pubian, artinya melestarikan melestarikan budaya asli lampung.

Selain H.Yuhendri juga sangat menyambut positif acara gitar tunggal seperti ini, selain hiburan warga pugung juga sebagai pendidikan bagi generasi muda sebagai langkah awal agar cinta adat dan budaya yang tentunya diharapkan acara adat asli lampung senantiasa bisa lestari, karena generasi muda senantiasa tertanam cinta budaya sendiri, disaat adat dan budaya kita mulai pudar diera zaman semakin maju tentunya budaya asing juga sudah dikenal generasi muda kita.

Salah satu tokoh pemuda Pekon Banjar agung udik, Irawan,SE saat diacara  juga menanggapi acara adat dan budaya lokal asli lampung harus terus dipertahankan agar lestari, juga ditanamkan pada anak-anak kita sebagai generasi penerus senantiasa mencinta adat dan budaya asli kita lampung.

“Cinta adat dan budaya agar senentiasa lestari generasi muda harus senantiasa tertanam agar cinta budaya lokal,” terangnya. (Sahirun)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button