BanyuwangiDaerah

Wow, Roket Air SMP PGRI 3 Pesanggaran Terlontar Tinggi Melampaui Karya SMP se Banyuwangi

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Roket air karya siswa SMP PGRI 3 Pesanggaran akhirnya berhasil terlontar lebih tinggi dari beberapa rivalnya sesama siswa SMP se Kabupaten Banyuwangi. Diantaranya SMP Lazuardi dan beberapa SMP lainnya. Hal itu terjadi pada Sabtu (21/5/2022) kemarin di lapangan Taman Blambangan, saat pelaksanaan uji coba awal peluncuran inovasi karya riset tingkat SMP se Kabupaten Banyuwangi.

Salah seorang panitia dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Agus Sujiono menyatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan inovasi siswa tingkat SMP.

“Saat ini kami melaksanakan inovasi karya riset dan pengembangan sederhana berupa roket air. Inovasi ini memanfaatkan daya dorong dari tekanan udara dengan media air yang dimekanisasi pipa tertutup,” tuturnya.

Agus Sujiono, dari Bidang SMP Diknas Banyuwangi

Ditambahkan, pada pelaksanaan uji coba kali ini masing-masing peserta diberi kesempatan untuk melakukan berbagai perbaikan. “Mereka kami beri kesempatan untuk melakukan tambahan perlakuan teknis agar indikator dari hasil karya mereka bisa mencapai keunggulan,” ujarnya.

Sementara pembina SMP PGRI 3 Pesanggaran, Kurniawan menyatakan, keberhasilan hasil inovasi anak didiknya saat itu merupakan salah satu pembuktian sciense. “Ini sebagai pembuktian hukum Newton yang ke 3, aksi reaksi,” tandanya.

Kurniawan juga menambahkan, keberhasilan lontaran tertinggi tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa indikator. Diantaranya bentuk roket, aero dinamis, teknis dan mekanisme alat pelontar. (red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button