DaerahJawa TimurRagamReligiSitubondo

Puluhan Ribu Masyarakat Hadiri Haul KH Sufyan di Ponpes Mamba’ul Hikam Panji Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Haul KH Ahmad Sufyan Miftahul Arifin yang berlangsung di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam, Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo dihadiri puluhan ribu masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Situbondo maupun di luar Kabupaten Situbondo, Kamis (8/12/2022).

KH Zaki Abdulah Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam, Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo dalam arahan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh masyarakat yang telah hadir dalam Haul ke -11 KH Ahmad Supyan Miftahul Arifin.

Tak hanya itu yang disampaikan KH Zaki Abdullah dihadapan puluhan ribu masyarakat, namun dia juga mengajak seluruh jamaah Haul KH Sufyan untuk berdoa bersama dan melaksanakan tahlil bersama serta membaca Surat Al Ikhlas sebanyak 7 juta. “Mari kita bersama-sama membaca Surat Al Ikhlas, Tahlil dan doa bersama,” ajak KH Zaki Abdullah.

Pembaca tujuh juta Surat Al Ikhlas yang dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Sumber Bunga Seletreng, Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo KH Syainuri Sufyan Mithaul Arifin yang ikuti oleh puluhan ribu jamaah tersebut, selesai dalam waktu kurang lebih satu jam. Kemudian, dilanjukan dengan tahlil dan ditutup dengan doa.

Sementara itu, KHR Kholil As’ad Syamsul Arifin, pengasuh Ponpes Wali Songo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo dalam tausiahnya meminta kepada seluruh jamaah haul Kiai Supyan agar terus bersandar dan menyerahkan diri serta memohon ampunan kepada Allah SWT. “Hanya satu tempat kita menyerahkan diri, yakni hanya kepada Allah SWT,” ujar KHR Kholil As’ad, dalam tausiah singkatnya.

Suasana haul yang berlangsung di Ponpes Mamba’ul Hikam Panji Kidul, Kec Panji, Situbondo (Heru Hartanto/BeritaNasional.id)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button