BatubaraKesehatan

Puskesmas Labuhan Ruku Skrining HIV Virus AIDS Terhadap Tahanan Lapas

BeritaNasional ID, BATU BARA SUMUT – Lapas Kelas II A Labuhan Ruku bekerjasama dengan Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Batu Bara melaksanakan Skrining Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang merupakan virus penyebab AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) terhadap Warga Binaan Penghuni (WBP) Lapas Kelas II A Labuhan Ruku.

Skrining HIV ini setidaknya ada 100 orang WBP yang di cek dengan melibatkan perugaskan kesehatan Puskesmas Labuhan Ruku pada Rabu lalu (17/05/2023).

Kalapas Labuhan Ruku EP Prayer Manik menyebutkan, bahwa tindakan ini dilakukan upaya preventif jika ditemukan gejala HIV AIDS yang menjangkiti salah satu WBP.

Skrining ini sebagai upaya deteksi dini dan juga sebagai pemenuhan standar pelayanan minimum kesehatan, karena WBP dari luar kemudian masuk di Lapas berpotensi menjadi perantara penyebaran HIV.

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan Tim Medis Puskesmas Labuhan Ruku kepada WBP yang dilanjutkan Skrining HIV dengan cara pengambilan sampel darah terhadap WBP satu persatu.

Pengambilan sampel ini dilakukan terhadap tahanan laki-laki, setelah pengambilan sampel darah kemudian dilakukan pengecekan menggunakan Strip Tes HIV/Tes AIDS yang dibawa oleh tim medis.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan sampel darah menggunakan alat Strip Tes HIV tidak ditemukan satupun WBP yang terkena Hiv Aids.

Perwakilan Puskesmas Lapas Labuhan Ruku dr. Gita menjelaskan, skrining HIV ini memang secara rutin dilakukan dalam rangka mendeteksi akan potensi seseorang terinfeksi HIV didalam tubuhnya.

“Skrining HIV ini perlu dilakukan secara rutin, baik seseorang yang beresiko maupun tidak agar infeksi HIV dapat dideteksi dan ditangani sejak dini,” sebut dikonfirmasi Senin (29/05/2023).

Pada kesempatan ini Kalapas Kelas II A Labuhan Ruku mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Labuhan Ruku yang selama ini telah bekerja sama dengan baik dalam mendukung pelayanan Kesehatan bagi Warga Binaan Lapas. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button