Ragam

‘Puter Kayun’ BEC 2018 Suguhkan Beragam Konsep Karnaval Baru

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang digelar Minggu (29/07/18) memberikan suasana baru bagi para penontonnya. Mulai dari tema busana yang lebih beragam hingga konsep karnaval baru yang diperkenalkan. Selain itu, penampilan BEC juga dihiasi peserta manca negara.

Parade fashion etnik BEC ini digeber mulai pukul 12.30 WIB hingga 17.15 WIB, dengan start dari areal Taman Blambangan, di Jalan Veteran. BEC yang telah ditetapkan sebagai “Top 10 Calendar of Event 2018” oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini tampil lebih atraktif dibanding tahun tahun sebelumnya.

BEC kali ini mengangkat tema “Puter Kayun”, yang merupakan tradisi para leluhur warga Boyolangu Banyuwangi, menaiki delman hias menuju Pantai Watu Dodol untuk menggelar selamatan pada hari kesepuluh bulan Syawal.Tema besar Puter Kayun ini lalu dipecah menjadi 10 sub tema yang dituangkan dalam 120 busana etnik.

Dalam kegiatan tahunan ini, BEC mendatangkan 10 dewan juri salah satunya perias kondang Subari. Dikesempatan ini, Subari yg biasa di panggil Bari itu mengatakan, bahwa dalam kompetisi ini yang diutamakan penilaiannya adalah riasan, kostum dan bagaimana peserta mempergunakan kostumnya. “Kriteria yang jadi penilaian adalah kostum, riasannya seperti apa dan bagaimana cara peserta mempergunakan dan memanfaatkan apa yang dia pakai di atas catwork,” lontarnya.

Setiap sub tema yang dibuat satu panggung khusus di sepanjang rute, membuat penonton bisa mengeksplorasi setiap sub tema yang ditampilkan, bisa menjelajah satu panggung ke panggung lainnya. Bahkan kegiatan kemeriahan parade busana etnik kontemporer ini diwarnai dengan penampilan yang istimewa.

Tampak hadir pada B-Fest BEC, Bupati Abdullah Azwar Anas beserta jajaran Forpinda Banyuwangi, beberapa bupati dari luar kota, Menko Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, beberapa anggota DPR RI, Ketua DPRD Banyuwangi dan masih banyak tamu tamu lain yang ikut mangayubagyo. Sebagai tamu pengisi acara, tampil Danang, Fitri Karlina, Demmy, Catur Arum dan artis lokal Banyuwangi lainnya.

Diantara deretan peserta BEC ada juga wisatawan asing sebanyak 35 orang dari negara yang berbeda menjadi penampil BEC tahun ini. Mereka ada yang berasal dari Jerman, Australia, Kolombia, Turkmenistan, Rusia, Palestina, Tajikistan, Rwanda, Uganda dan Hungaria. (red)

Caption : Ini lah salah satu peserta perwakilan Polres Banyuwangi yang ikut menyemarakkan BEC 2018

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close