Daerah

Raskin Kualitas Buruk dari Bulog Ketapang Dijadikan Makanan Bebek

BeritaNasional.ID,BANYUWANGI – Setelah ditemukannya beras untuk rakyat miskin (Raskin) di lingkungan Papring, Keluahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro beberapa waktu lalu, kali ini investigasi media ini menemukan adanya Raskin di wilayah Desa benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh.

Berbeda dengan diwilayah Kelurahan Kalipuro, temuan Raskin yang tak layak konsumsi di Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh ini merupakan pembagian pada bulan kemarin. Yang sama, kendati wilayah Kecamatan Singojuruh ini lebih dekat dengan gudang bulog di Lemahbang, namun pengirimannya justru dari gudang bulog Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

“Ini Pak, berasnya jelek banget. Sudah warnanya kuning, banyak menirnya campur kulit dan gabah serta bercampur tepung, kehitam-hitaman dan yang pasti apek baunya,” tutur Mimah (35), warga Dusun Gombol, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jatim kepada media ini, Rabu sore (14/6/17) saat secara bersamaan menerima pembagian Raskin dari Bulog lemahbang, Kecamatan Singojuruh.

Menurut Aminah, warga Dusun setempat juga, Raskin pembagian yang juga masih harus ditebus oleh penerima itu hampir rata-rata tidak dikonsumsi dan dimasak oleh warga Desa Benela Kidul. Karena kondisi Raskin yang tidak layak makan itulah, akhirnya oleh warga dijadikan makanan mentok (itik) piaraannya.

“Ya dari pada dibuang, akhirnya dijadikan makanan hewan kami mentok (itik) Pak. Kami berharap pada pembagian berikutnya diberikan beras yang layak dimakan manusia lah. Ya maaf saja, kalau kami tetap diberi beras yang kualitasnya seperti itu akhirnya jadi santapan bebek,” ujarnya.

Kades Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Tatang Suraji, yang dihubungi media ini mengaku bahwa Raskin tersebut merupakan pembagian buan kemarin. Dan itu kiriman dari gudang Bulog Ketapang, Kalipuro.

“Raskin yang jelek kualitasnya itu sudah ditukar kok oleh Bulog Ketapang Pak,” kata Kades Tatang melalui sambungan selularnya, Rabu sore (14/6/17).

Kades Tatang Suraji boleh saja mengatakan bahwa Raskin yang tidak layak konsumsi untuk warganya itu sudah ditukar oleh Bulog Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi. Namun realitanya, investigasi media ini memperlihatkan masih adanya Raskin dalam kemasan zag /15 Kg tersebutberada di masing-masing rumah warga.(mhs)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button