DaerahJawa TimurSitubondo

Ratusan Warga Binaan Rutan Situbondo, Jalani Skrining ACF TBC

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Situbondo melaksanakan Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan Rutan Situbondo bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Situbondo, Fasyankes Situbondo dan Tirta Medical Center (TMC), Kamis (7/9/202).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi atau rentan terhadap penularan dan atau penyebaran di dalam Lapas atau Rutan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari terhadap 387 WBP. Pada hari pertama kegiatan skrining telah diikuti oleh 205 warga binaan. Sebelumnya, skrining gejala telah dilakukan oleh petugas Rutan Situbondo yang bekerjasama dengan tenaga medis Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Kepala Rutan Situbondo Rudi Kristiawan mengatakan, kegiatan Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) dan pemeriksaan HIV tersebut dapat menambah pengetahuan WBP tentang gejala dan bahaya penularan penyakit TBC atau HIV. “Saya berharap dalam skrining ini tidak ada penemuan HIV/TBC di Rutan Situbondo,” ujar Rudi. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button