Selamat atas Pelantikan dan Pengucapan Sumpah / Janji Anggota DPRK Aceh Besar, Masa Jabatan 2019-2024
DaerahSulawesi

Ratusan warga Labissa Gelar Pesta Panen

image_pdf

BONE BeritaNasional.ID —  Ratusan warga Desa Labissa Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone telihat antusias menggelar pesta panen yang dilaksanakan di lapangan khusus acara adat Desa Labissa. Dalam pagelaran pesta panen yang rencananya berlangsung selama sebulan (23 Desember 2018 s/d 23 Januari 2019) tersebut  bakal diwarnai 3 atraksi memukau yakni Massempe, Mappere, Mappadendang.

Persiapan pembuatan tiang ayunan

Data yang dihimpun BeritaNasional.ID menyebutkan, pesta panen bagi warga Desa Labissa merupakan sebuah kegiatan rutinitas 4 tahunan yang digelar sebagai wujud rasa syukur terhadap kelimpahan hasil panen yang telah dicapai.

Dalam pesta dipanen tersebut dilakukan atraksi Massempe merupakan sebuah ajang pertunjukan saling menendang (ibarat olahraga pencak silat), sedangkan Mappere atau naik ayunan dengan sebuah ayun yang memiliki tiang setinggi 12 meter dan tali yang digunakan terbuat dari kulit kerbau sehingga hal ini saangat menantang nyali peserta dan memukau penonton. dalam kegiatan pesta panen yang digelar juga sebuah pertunjukan “mappadendang” yang menghasilkan bunyian irama teratur dari penumbukan gabah di atas lesung yang dilakukan oleh gadis desa.

Kepala Desa Labissa, SupratmanS.Ag kepada BeritaNasional.ID Sabtu (22/12) menjelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini menggunakan sumber dana dari dana desa dan sumbangsi masyarakat desa Labissa yang berada di kampung halaman maupun yang ada di perantauan ;  Kupang, Kalimantan, Jakarta,  dan sejumlah daerah lainnya. “Kami sebagai Pemerintah Desa sangat mengapresiasi kegiatan yang menjunjung tinggi nilai adat-istiadat dan kebudayaan, dan hal ini dapat menjadi ajang silaturahmi masyarakat sehingga kami ikut berpartisipasi dengan mengalokasikan dana desa dalam kegiatan ini” jelas Suoratman.

Sumardi, salah satu tokoh adat yang ditemui disela-sela persiapan kegiatan membeberkan langsung kepada BeritaNasional.ID bahwa kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama satu bulan, dan diperkirakan kegiatan ini akan menyita perhatian ribuan penonton. ‘

(Adhan)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close