DaerahJawa TimurSitubondo

Ratusan WBP Rutan Situbondo, Laksanakan Salat Idul Fitri dan Halal Bihalal Bersama Petugas

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Situbondo melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 Hijriyah di Aula Baharuddin Loppa Rutan Situbondo, Rabu (10/04/2024).

Dengan rasa kebersamaan seluruh Pegawai dan Warga Binaan melaksanakan Salat IED dengan khusyu. Turut hadir dalam Salat IED in Kepala Rutan Situbondo dan juga Penjabat Struktural. Dimana kegiatan ini dapat memupuk rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan dan terbentuknya hubungan yang harmonis antara petugas dan warga binaan.

Ratusan narapidana perumpuan dan laki-laki ini berkumpul sejak pukul 05.30 WIB dengan lebih dulu melantunkan takbir. Jama’ah yang beribadah tersebut tidak terlihat layaknya seorang napi atau orang yang sedang menjalankan hukuman karena kesalahan yang diperbuatnya. Namun, mereka seakan-akan melaksanakan Salat Idul Fitri seraya di kampung halamannya masing-masing.

Setelah menjalankan Salat IED, dan untuk merayakan dan memeriahkan hari Raya Idul Fitri banyak tradisi yang dilakukan di dalam Rutan Situbondo untuk warga Binaan. Tradisi Lebaran 2024 di dalam Rutan ini dikemas seraya Lebaran berada di rumahnya masing-masing.

Dibawah kepemimpinan Rudi Kristiawan Kepala Rutan Situbondo, Warga Binaan diajak untuk menyantap kupat lebaran yang dihidangkan bersama bakso dan melaksanakan tradisi maaf-maafan layaknya di rumah sendiri. “Tradisi makan ketupat bersama kami laksanakan untuk mengobati rindu para WBP terhadap suasana khusus di hari Raya Idul Fitri 1445 H ini,” jelas Rudi Kristiawan.

Tentunya setiap Idul Fitri, kata Rudi, biasanya mereka makan bersama keluarga usai Salat IED, maka dari itu kegiatan ini dilaksanakan di dalam Rutan Situbondo. “Hal ini dilakukan untuk mengobati rindu mereka khususnya kebersamaan dalam makan ketupat bersama keluarganya dulu,” ujar Rudi

Mengakhiri rangkaian kegiatan Idul Fitri di dalam Rutan Situbondo, Kepala Rutan berpesan agar pada momen ini dimanfaatkan untuk saling memaafkan. “Setelah kita menjalani Ibadah Puasa selama 1 satu bulan penuh, maka momentum Halal Bihalal diharapkan mampu kembali memperkuat tali silaturahmi antara Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Situbondo,” pungkas Rudi (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button