AdvedtorialPemkab WajoWajo

Renovasi Masjid Tua Tosora, Bupati Wajo Berencana Hadirkan Presiden RI untuk Resmikan

BeritaNasional.ID, Wajo – Bupati Wajo H. Amran Mahmud memiliki cita -cita hadirkan Presiden Republik Indonesia (RI) untuk mresmikan Masjid Tua Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.

Harapan itu diungkapkan Amran Mahmud pada saat hadiri peletakan batu pertama pendopo Masjid Tua yang dirangkaikan dengan doa dzikir dan HAUL Akbar habib sayyid Jamaluddin bin Husain Al Akbar, Ahad 13 Oktober 2019 kemarin.

“Kita akan anggarkan di tahun 2020, akses jalan beton mulai jalan Bajo sampai ditempat ini, akan mulus dan ada taman tamannya dan setelah Masjid ini selesai, maka akan kita undang Presiden RI untuk meresmikannya,”ucap Amran Mahmud.

Dikatakan juga kalau ia juga akan membedah/menelurusuri sejarah, sehingga seluruh dunia tahu bahwa di Desa Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo, ada makam cucu dari Nabi Muhammad SAW sehingga bisa menjadi corong kebangkitan Wajo kedepannya.

“Ini akan menjadi corong kita membangkitkan Wajo kedepannya. Kita ingin situs budaya ini menjadi budaya religi, yang akan kita persembahkan untuk masyarakat Wajo dan Nusantara, maka dari itu akan didesain dan model khusus yang akan ada payung hukumnya, bersama DPRD mengawal Perda dari situs budaya kita ini, supaya menjadi tempat ziarah yang sekaligus belajar tentang Islam, peradaban, nilai nilai dan Akhlakul Karimah, supaya menjadi pendalaman bagi generasi kita kedepan,” harapnya.

Sementara dalam acara itu Habib Mahmud bin Umar Alhamid Mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Wajo, dalam hal ini Amran Mahmud yang menyempatkan waktunya untuk hadir.

Dalam kesempatan ini Habib Mahmud bin Umar Alhamid juga mengungkap sejarah singkat Habib Sayyid Jamaluddin bin Husain  Al Akbar yang merupakan cucu Nabi Muhammad SAW, yang di makamkan didekat Masjid Tua Tosora  Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo Sulsel.

“Habib Sayyid Jamaluddin bin Husain Al Akbar wafat di usia 108 tahun, beliau memiliki kharoma yang tidak dimiliki manusia biasa,” ungkapnya.

“Semasa hidupnya beliau menyiarkan agama Islam sampai di Wajo dengan penuh perjuangan sehingga bisa berkembang seperti saat ini,” tambahnya.

Sekedar diketahui hadir dalam acara itu Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Sudirman Meru Ketua komisi II, Sekda Kab. Wajo, Kemenag Kab. Wajo, Ketua Tim Penggerak PKK kab. Wajo, Ketua Darma Wanita persaruan Kab. Wajo, Seluruh OPD  lingkup Pemkab Wajo, Kepala Desa Tosora, Tokoh agama, tokoh masyarakat, Tokoh Adat. (Humas Pemkab Wajo)

Editor; Asrul Sani

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close