TNI Dan Polri

Ribuan Pelari Ikuti Soewondo Air Force Run 2020

BeritaNasional.ID Medan – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun TNI AU ke 74 yang akan jatuh pada tanggal 9 April 2020 mendatang, ribuan Pelari dari berbagai daerah ikuti Soewondo Air Force Run 202O. Mengambil start di samping Shelter Apron Charlie Lanud Soewondo berlari mengelilingi landasan pacu Lanud Soewondo, dengan 7,4 kilo meter. Gubernur Sumatera Utara, Letjend TNI (Purn) Edy Rahmayadi didampingi oleh Pangkosek Hanudnas III, Marsma TNI Djhon Amarul, Kabinda sumut, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P serta Dansat Brimob Polda Sumut, Kombes Pol Abu Bakar Tertusi langsung melepas peserta Soewondo Air Force Run, Minggu (16/2/2020).

Disela acara Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos.,M.A.P saat di wawancarai mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2020.

“Kegiatan Soewondo Air Force Run yang hari ini kita laksanakan dalam rangka menyambut dan memperingati hari jadi TNI Angkatan Udara yang ke 74, memang untuk pelaksanaanya ulang tahun angkatan udara itu di bulan April, namun khusus Lanud Soewondo sudah memulai beberapa kegiatan untuk menyambutnya. Ada beberapa kegiatan yang sudah kita mulai laksanakan, seperti kemaren kita melaksanakan angkasa Expo dan disana banyak berbagai perlombaan yang kita gelar diantaranya lomba mewarnai tingkat TK dan SD dan berbagai atraksi dan pertunjukan. Dihari ini Minggu (16/2) kita laksanakan Soewondo Air Force Run yang diikuti oleh 1200 pelari, dan karena ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun angkatan udara ke 74, kita buat acaranya sedikit berbeda dengan menampilkan alutsista TNI AU seperti Pesawat tempur Hawk 100/200, helikopter dan ada juga peralatan tempur milik Paskhas dan Kosekhanudnas III, acara ini juga dimeriahkan oleh atraksi terjun payung dari Wing III dan Batalyon 469 Paskhas. Dengan kegiatan ini kita mengajak masyarakat kota Medan untuk hidup sehat dengan berolahraga dan kami ingin terus mendekatkan diri kepada masyarakat, jadi dengan acara ini Lanud Soewondo ada di hati masyarakat kota Medan,” ucap Danlanud Soewondo.

Tampak ambil bagian dalam terjun payung Freefall dari ketinggian 7000 feet, pada run pertama, Letkol Pas Abdul Fajar (Wadan Wing III Paskhas), Serka H. Endro (pusdiklat), Mayor Pas Anang (Mako), Serka Wilson (batalyon 469), Sertu Doresman (batalyon 469), Pratu Subandi (batalyon 469) dan Pratu Sihab (batalyon 469).

Sementara di Run kedua dipimpin langsung oleh Danwing III Paskhas, Kolonel Pas Novlah Mirsyah, Serka Iwan (pusdiklat), Mayor Pas Didik (Mawing III), Kapten Pas Rizal (Pasi Pers batalyon 469) serta Letkol Pas Agus Yoga Permana (Danyonko 469 Paskhas).

Untuk Soewondo Air force run, keluar sebagai juara pertama untuk kategori pria adalah Berman H. Siahaan, juara kedua, Fito Lumbantoruan dan juara ketiga adalah Daniel Simanjuntak. Untuk kategori wanita, keluar sebagai juara pertama adalah Zaina Mustika, Anjellika Ginting sebagai juara kedua dan Cilpa Manalu sebagai juara ke tiga.

Kemeriahan acara Soewondo Air Force Base Open day kali ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan pertunjukan diantaranya pertunjukan paramotor, pencak silat dan kemahiran baris berbaris dan tarian kolosal dari siswa-siswi sekolah angkasa dan penampilan DJ serta atraksi barongsai oleh prajurit Paskhas.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button