Daerah

Ribuan Suara PKS di Aceh Tamiang Diduga Membengkak, Tiga Saksi Partai Ajukan Protes

BeritaNasional.ID, Aceh Tamiang — Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2023 Kabupaten Aceh Tamiang yang berlangsungkan di Ruang Sidang Utama DPRK kembali dihujani protes setelah para saksi mendapati kejanggalan terhadap perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rabu (6/3/2024) malam.

Dari pantauan media ini, protes awalnya disampaikan saksi Partai Golkar, Abdi yang melihat ada selisih suara DPR RI yang mencapai 7.001 suara.

Abdi dalam protesnya membacakan contoh selisih D Hasil Kecamatan dengan D Hasil Kabupaten.

“Coba kita lIhat di Kecamatan Manyak Payed, Karang Baru, Bendahara, apa harus semua kecamatan saya bacakan. Ini sudah gila,” kata Abdi.

Abdi meminta KIP dan Bawaslu Aceh Tamiang menjelaskan selisih suara PKS yang mencapai 7.001 suara.

Dia minta selisih jangan diselesaikan dengan catatan sebagai kejadian khusus.
“Jangan lagi ada bahasa dari komisioner kalau ini kejadian khusus. Jangan ada kita dengar istilah itu lagi, karena tidak sesuai PKPU,” ujarnya.

Protes serupa juga disampaikan saksi dari Partai Demokrat dan Partai Gerindra. Mereka menilai selisih yang terjadi tidak sangat tidak wajar.

“Saya juga sepakat kalau selisih ini tidak wajar, mohon dipertimbangkan,” kata saksi Demokrat, Muliansyah.

Komisioner Bawaslu Aceh Tamiang, Eki Junianto ketika dimintai tanggapan oleh pimpina sidang mengaku belum bisa memberi pandangan karena sedang melakukan kroscek.

Eki juga meminta KIP untuk melihat data sebelum disesuaikan.

Pimpinan sidang, Rita Afrianti kemudian memutuskan melewati persoalan selisih suara di DPR RI ini dan melanjutkan dengan DPRA.

Hingga pukul 22.00 WIB, rapat pleno rekapitulasi suara Kabupaten Aceh Tamiang masih berlangsung. (Tim Redaksi)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button