Nasional

Rizal Ramli Tuding Para Elit Aceh Kuras Uang Otsus

image_pdf

Beritanasional.Id, Banda Aceh– Tokoh politik nasional sekaligus Tokoh ekonomi, Rizal Ramli, menuding para elit di Aceh merupakan pelaku terkurasnya uang hasil otsus dan akibatnya, kemiskinan di Aceh tidak mampu ditekan secara signifikan bahkan tercatat sebagai Provinsi termiskin di Sumatra.

“Provinsi termiskin di Sumatra, Aceh, Provinsi paling banyak pengangguran Aceh paling banyak orang tidak ada kerjanya, Ternyata dana otsus ditilep sama elitnya,” kata sebut Rizal Ramli dalam sebuah video yang diduga sedang memberikan komentarnya soal solusi penanganan konplflik di Papua pada acara ILC di TV One.

Video yang di posting melalui youtube Rabu (4/9/19) berdurasi 2.11 menit itu, sudah di tonton 241 kali.

Berdasarkan regulasi yang ada, Besarnya alokasi dana Otsus Aceh sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 yaitu 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) selama 15 tahun sepanjang 2006 hingga 2021 dan 1 persen sepanjang tahun 2022 hingga 2027.

Data yang diperoleh media ini, Tahun 2018 jumlah dana otsus yang diterima Aceh mencapai Rp 8 triliun. Artinya jumlah dana otsus yang diterima Aceh setiap tahun hingga tahun 2021 adalah Rp 8 trilium, dan tahun 2022-2027 sekitar Rp 4 triliun atau setengah dari jumlah penerimaan selama 15 tahun yang sedang berlangsung ini.

Meski demikian tudingan dan ungkapan Rizal Ramli yang menuding Aceh kian hari terus miski, karena uang didukung pemerintah pusat dimanfaatkan oleh elit tertentu saja, sehingga ekonomi rakyat tidak dapat dibangun sebagimana yang diharapkan.

“Soal otsus Aceh juga mendapat Otsus, tidak ada apa apanya,” demikian sebut Rizal Ramli dalam Video tersebut. (Alan)

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close