Ragam

Tingkatkan Literasi Bazar Buku Terbesar di Dunia Big Bad Wolf, Kini Resmi Dibuka di Medan

BeritaNasional.ID Medan – Secara resmi, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membuka Bazar buku terbesar di dunia, Bazar Buku Big Bad Wolf di Gedung Andromeda Ex-Bandara Polonia Medan, Rabu (4/9/2019). Bazar buku terbitan penerbit internasional bisa dinikmati warga Kota Medan, Sumatera Utara sejak tanggal 6-16 September 2019 dengan waktu buka 24 jam non-stop dengan harga yang terjangkau bahkan ditambah diskon 60% hingga 80%.

Seremoni pembukaan bazar ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga, Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia, Uli Silalahi , Enny Kamal, selaku Regional Head Bank Central Asia (BCA) dan sejumlah pejabat lainnya.

Gubsu sangat mengapresiasi PT Jaya Ritel Indonesia yang tetap menjadikan Medan sebagai bagian target bazar yang tujuannya untuk meningkatkan minat baca warga. Sebab dengan meningkatkan minat baca, wawasan warga akan semakin luas dengan mendapatkan berbagai informasi yang aktual tentang dunia.

Pelaksanaan Bazar Buku Big Bad Wolf merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan di Medan. Dan untuk tahun 2019, telah sukses diselenggarakan di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Medan merupakan kota ke-empat di tahun ini yang Big Bad Wolf datangi. Warga bisa sepuasnya menikmati koleksi buku bazar, dengan gratis biaya masuk gedung. Bazar Buku Big Bad Wolf memberikan diskon 60 hingga 80 persen untuk semua buku-buku internasional.

Berkat tingginya antusiasme dan permintaan dari masyarakat, Bazar Buku Big Bad Wolf tidak hanya diadakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Medan, melainkan di tujuh kota besar di Indonesia mewakili Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Bazar Buku Big Bad Wolf pertama kali  diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009 dan buku-buku yang disediakan merupakan buku-buku baru yang dibeli langsung dari penerbit-penerbit internasional. Bazar Buku Big Bad Wolf hadir dengan misi untuk menggalakkan budaya membaca sejak dini, meningkatkan minat baca, serta menyediakan akses untuk memperoleh buku bacaan yang berkualitas bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia.

Dengan hadirnya Bazar Buku Big Bad Wolf, diharapkan dapat menjadi salah satu wadah untuk menyebarluaskan wawasan ilmu pengetahuan dan mengajak masyarakat untuk lebih mencintai buku. Rendahnya minat baca di Indonesia, membuat Bazar Buku Big Bad Wolf terus tergerak untuk mengajak masyarakat agar lebih gemar membaca buku dan menjadikan buku sebagai kebutuhan sehari-hari.

“Saat ini, dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0. Pada era ini, semua aktivitas berbasis mesin terintegrasi jaringan internet (internet of things). Keadaan dunia yang semakin mengglobal membuat kita harus memperluas dan mempertajam pengetahuan kita terhadap informasi yang terus beredar, situasi ini menuntut kita agar lebih kritis dan memperbaiki kualitas diri. Upaya menyiapkan generasi mendatang untuk berpikir secara inovatif, diperlukan gerakan untuk mengajak generasi milenial untuk banyak membaca buku, semakin banyak kita membaca, semakin banyak hal pula yang kita ketahui, karena buku adalah jendela dunia,” kata Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia, Uli Silalahi yang kini dikenal sebagai ‘Ibu Buku’.

Lebih dari 1 juta buku dihadirkan di Bazar Buku Big Bad Wolf Medan 2019 dengan berbagai genre buku tersedia seperti buku memasak, arsitektur, seni, budaya, novel, fiksi, romance, sastra, graphic novel, bisnis, fashion dan masih banyak lagi. Tersedia juga buku untuk anak-anak seperti buku cerita, buku untuk mewarnai, sound books, board books, pop-up books dengan harga yang sangat terjangkau. Bazar Buku Big Bad Wolf selalu berusaha memberikan bacaan yang bermutu dan mengikuti perkembangan jaman.

Sejak tahun lalu, Bazar Buku Big Bad Wolf telah memperkenalkan Buku Ajaib. Buku ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang merupakan terobosan baru dalam menjadikan cerita dan pembelajaran lebih interaktif serta mengembangkan imajinasi anak-anak. Melalui Buku Ajaib, anak-anak dapat merasakan pengalaman unik menyaksikan karakter favorit mereka menjadi hidup.

Dengan bantuan aplikasi gratis, anak-anak diajak untuk membaca, belajar, bermain dan berinteraksi dengan karakter kesayangan, seperti mewarnai halaman, menemukan objek tersembunyi, menikmati berbagai kreasi animasi, musik dan masih banyak lagi. Terdapat 13 judul Buku Ajaib, 11 buku tersebut berbahasa Inggris dan dua berbahasa Indonesia yaitu edisi Ayo Shalat – Alif dan Sofia, buku ini mengajarkan anak-anak bagaimana cara berwudhu dan tata cara shalat lima waktu yang hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Bazar Buku Big Bad Wolf Medan 2019.

Opening ceremony BBW kali ini juga dihadiri oleh Regionel Head Bank Central Asia (BCA) Enny Kamal. Dia mengatakan, BCA berkomitmen untuk turut serta mendukung penyadaran pentingnya membaca buku pada masyarakat, terutama pada generasi muda, “Selama bazar ini digelar 24 jam non-stop, masyarakat Medan bisa berburu buku-buku favorit dengan harga murah dan menikmati beragam promo menarik dari BCA,” ungkapnya.

Selama pameran, BCA memiliki promo istimewa yang ditawarkan antara lain voucher cashback hingga Rp500.000, untuk pembayaran dengan Kartu Kredit BCA dan Kartu Debit BCA dengan chip, diskon 50% untuk pembelian voucher BBW menggunakan Reward BCA, program beli 7 gratis 1 Buku Ajaib Augmented Reality dengan Kartu Kredit BCA, Kartu Debit BCA, Flaz, maupun Sakuku, serta Cicilan BCA 0% hingga 6 bulan. “Kami berharap masyarakat, khusus generasi muda Medan, dapat memperluas cakrawała pengetahuanaya, melalui gelaran Bazar Buku Big Bad Wolf ini,” pungkas Enny Kamal.

(Kiel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close