Daerah

RM Wiwied Widodo Jabat Plt. Kepala BKSDA Wilayah Jatim III

Dr. Setyo Utomo SH. MSi, Purna Tugas

BeritaNasional.ID, JEMBER Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Jember Balai Besar KSDA Jawa timur,  Dr. Setyo Utomo SH. M.Si telah menjalani masa purna tugas. Posisi yang dia tinggalkan, kini digantikan oleh  R.M. Wiwied Widodo  S. Hut. M.Sc selaku Pelaksana tugas (Plt). Jabatan Widodo sendiri saat ini adalah sebagai Kepala Bidang KSDA Wilayah ll Gresik.

Dalam kesempatan tersebut, Setyo Utomo juga dianugerahi penghargaan Satya Lencana Karya Satya XXX tahun. Limapuluh undangan dari berbagai elemen, baik dari pemerintahan maupun aktivis dan pegiat lingkungan, bahkan beberapa pengusaha terkait flora dan fauna, tampak hadir dalam rangkaian kegiatan pisah kenal dua pejabat dilingkungan BKSDA yang digelar di Taman Botani Sukorambi Jember, Senin (30/11/2020).

“Saya merasa sangat senang karena hari ini dapat menghadirkan semua stakeholder yang selama ini bersama-sama mendukung kelancaran tugas-tugas kami di BKSDA. Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada jajaran TNI, Polri maupun masyarakat, serta mitra-mitra yang selama ini telah mensupport selama saya bertugas ,” ungkap Setyo Utomo.

Selanjutnya, Setyo menyampaikan pesan kepada generasi muda supaya lebih bersemangat untuk melestarikan kawasan konservasi maupun tumbuhan dan satwa liar. “Karena itu adalah hal terpenting yang harus dilakukan secara bersama-sama. Mengingat kedepannya hanya itu lah yang bisa kita wariskan kepada anak cucu,” tandasnya.

Kepala Staf Brigif 9/2 Kostrad, Letkol. Inf. Arif Munawar, dalam keterangannya mengatakan, bahwa selama bermitra dia katakan bahwa terjalin sinergitas dengan pihaknya. “Selama 3 tahun 2 bulan berdinas, beliau cukup baik dalam melakukan koordinasi dan melaksanakan tugas sesuai tupoksinya. Pribadi beliau tegas, lugas dan ramah terhadap siapapun yang berkoordinasi. Semoga sukses kedepannya untuk Pak Setyo, walaupun sudah purna tugas tetapi beliau tetap bisa terus berkarya,” ungkap Letkol Arif Munawar.

Di tempat yang sama, R.M. Wiwied Widodo selaku Plt. Kepala BKSDA Wilayah Jatim III mengatakan, apa yang telah dibangun oleh Setyo sudah bagus sekali selaku seniornya. Termasuk dalam hal penguatan konservasi dengan konsentrasi pada ekosistem yang ada didalam kawasan.

“Populasi yang sudah teridentifikasi harus kita tambah, baik dari flora maupun fauna. Selanjutnya penguatan fungsi, yakni fungsi lembaga konservasi penangkar yang fungsinya untuk budidaya membantu pemerintah meningkatkan populasi yang sudah terancam punah. Itu yang akan lebih diintensifkan, selain koordinasi dengan semua forum pimpinan daerah serta masyarakat sekitar kawasan . Wabil khusus, pembinaan akan kita lakukan kepada masyarakat di sekitar kawasan,” pungkas Widodo.

Selain dari jajaran TNI dan Polri, salah satu pengusaha beken asal Tanggul Jember, HM Arum Sabil, yang dikenal sebagai Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) dan juga sebagai Ketua Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapperindo) terlihat hadir dan bahkan sempat didaulat memberikan kata sambutan dalam kapasitasnya sebagai pemilik Kandang Transit dan Pusat Rehabilitasi di City Forest & Farm Arum Sabil di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. (evelyne)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button