Jawa Timur

Rupbasan Probolinggo ikuti Puncak Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke -59

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO-Rupbasan Probolinggo Kanwil kemenkumham jatim mengikuti kegiatan puncak Hari Bakti Pemasyarakatan(HBP) ke-59 yaitu kegiatan upacara secara virtual di aula kantor Rupbasan Probolinggo. Selasa (2/5/23).

Kegiatan yang digelar terpusat di lapangan upacara Kementerian Hukum dan HAM RI ini diikuti seluruh insan pengayoman se-Indonesia baik luring maupun daring. Pegawai dan PPNPN rupbasan Probolinggo beserta ibu dharma wanita mengikuti kegiatan tersebut secara daring di ruang Aula Rupbasan Probolinggo sedangkan Ka Rupbasan Probolinggo, RM Dwi Suryo Poetro mengikuti kegiatan tersebut di Lapas Kelas I Malang.

Dalam sambutannya, Menkumham Yasona H Laoly mengatakan Sistem Pemasyarakatan yang semula hanya menjadi muara dari sistem peradilan pidana kini harus bertransformasi. Hal ini menuntut perluasan peran Petugas Pemasyarakatan untuk berpartisipasi penuh dalam mensukseskan keadilan restoratif yang sejatinya sejalan dengan konsep reintegrasi sosial yaitu pemulihan hubungan hidup,
kehidupan, dan penghidupan.

“Sistem Pemasyarakatan yang semula hanya menjadi muara dari sistem peradilan pidana kini harus bertransformasi,”ungkap menkumham.

“Hal ini menuntut perluasan peran Petugas Pemasyarakatan untuk berpartisipasi penuh dalam mensukseskan keadilan restoratif yang sejatinya sejalan dengan konsep reintegrasi sosial yaitu pemulihan hubungan hidup, kehidupan, dan penghidupan,”imbuhnya.

Selain itu, dalam sambutannya Yasonna juga berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian hukum dan HAM untuk segera fokus bekerja dan memperhatikan, melaksanakan serta menyelesaikan target kinerja yang menjadi prioritas utama sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Tak hanya itu, Yasonna juga berpesan agar jajaran memperkuat sinergi dan kolaborasi.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button