ACEH

Rutan Jantho Gelar Peringatan Maulid Nabi, Ustd Masrul: Patut Bersyukur

Beritanaaional.Id, Kota Jantho – Rumah tahanan (Rutan) kelas II B Jantho menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW, yang berlangsung di lingkungan Rutan setempat, Rabu (19/12/19). Ustd Masrul Aidi, Lc hadir sebagai penceramah.

Kegiatan keagamaan ini dilakukan dalam rangka mengenang kelahiran Rasulullah, SAW sebagaimana lazimnya dilaksanakan oleh masyarakat Aceh setiap tahunnya, yang dimulai sejak 12 Rabiul awal hingga tiga bulan kedepan. Peringatan maulid Nabi, SAW yang digelar di Rutan Jantho juga dihiasi oleh sejumlah rangkain kegiatan, seperti, Zikir dan membaca berzanji, dakwah agama dan khanduri (makan ) baik bagi warga Rutan maupun tamu dari luar Rutan.

Untuk membaca zikir dan baca Berzanji, langsung dipercayakan kepada warga Rutan dan alhasil tidak kalah dengan group – group zikir yang kerab mengisi kegiatan peringatan maulid Nabi di lingkungan umum masyarakat. Sedangkan sebagai penceramah, Rutan Jantho menghadirkan penceramah kondang Aceh sekaligus pimpinan Dayah Babul Magfirah, Ustad Masrul Aidi, Lc.

Kepala Rutan kelas II B Jantho, Yusnaidi, SH saat memberikan sambutannya pada peringatan Maulid Nabi SAW di Rutan setempat, Rabu siang. Foto: ist

Dalam ceramah maulid yang disampaikan, Ustd Masrul berpesan kepada seluruh warga Rutan untuk selalu bersyukur dan menjadikan Rutan sebagai tempat pembinaan diri dan memperbaiki diri dari sejumlah kesalahan yang pernah dikerjakan.

“Sekarang, Penjara bukan lagi tempat penyiksaan seperti zaman dahulu tapi jauh lebih banyak menerapkan pembinaan kepada narapidana. Oleh sebab itu, bapak dan ibu patut bersyukur karena dengan terpenjaranya tubuh, maka berkesempatan untuk memperbaiki ibadah. Semoga nantinya dapat kembali lagi bersama keluarga dan masyatakat umum serta melanjutkan kehidupannya secara normal kembali,” demikian pesan Ustad Masrul, sembari membacakan beberapa dalil Ayat Alquran dan Hadist Nabi.

Sebelumnya, Kepala Rutan kelas II B Jantho, Yusnaidi, SH dalam sambutannya, mengutakan bahwa kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad, SAW dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dorongan spiritual bagi warga Rutan dalam rangka meningkatkan leimanannya kepada Rasul Allah.

“Kegaitan ini rutin kita laksanakan, selain pada hari H 12 Rabiul awal juga kita laksanakan secara lebih besar pada waktu selanjutnya seperti saat ini,” demikian papar Yusnaidi.

Berdasarkan data catatan harian Rutan Jantho Kabupaten Aceh Besar, jumlah warga Rutan saat ini tercatat 471 orang yang terdiri dari 4 orang wanita dan selebihnya adalah pria. Sekitar 65 persen warga Rutan Jantho diakibatkan tersandung kasus Narkoba, selebihnya kasus Pencabulan dan perkara umum lainnya. (Alan)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close