DaerahEks Keresidenan Madiun

Rutan Ponorogo Kembali Gagalkan Penyelundupan Narkotika

Beritanasional.ID, Ponorogo – Untuk kedua kalinya petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang terlarang yang diduga narkotika, Senin (28/12/2020).

Rencananya, barang haram yang disamarkan melalui botol deodoran tersebut hendak diselundupkan dengan mengelabuhi petugas. Namun, berkat kesigapan Petugas Pintu Utama (P2U), pelaku berikut barang yang diduga narkotika jenis sabu – sabu tersebut berhasil diamankan.

Berawal saat pelaku berisinial ASR, Warga Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan yang datang ke Rutan Ponorogo sekitar pukul 09.45 WIB bersama temannya inisial BDR, warga Desa Polorejo, Kecamatan Babadan Ponorogo, hendak menitipkan barang keperluan sehari – hari yang ditujukan untuk salah seorang warga binaan berinisial EK.

Ketika barang – barang tersebut diperiksa petugas dan dilakukan penggeledahan sesuai SOP yang berlaku, kedua pengunjung tersebut terlihat semakin gelisah dan mencurigakan.

Alhasil, dari kecurigaan tersebut akhirnya ditemukan satu bungkus plastik kecil yang di duga sebagai narkotika jenis sabu-sabu seberat 3,12 gram dalam berat kotor.

“Sesuai protap yang ada di Rutan Ponorogo, seluruh barang dan makanan dari pengunjung diperiksa terlebih dahulu dengan teliti oleh Petugas Pintu Utama (P2U). Nah, pada saat barang dan makanan melewati penggeledahan petugas tersebut, ada benda yang tidak wajar dan pengunjung tersebut terlihat gelisah,” kata Arya Galung, Kepala Rutan Kelas IIB Ponorogo kepada awak media.

Usai mendapati barang yang diduga sabu – sabu tersebut, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Polres Ponorogo. Dan menyerahkan para pengirim barang tersebut beserta barang bukti kepada kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

Lebih lanjut, Arya Galung menegaskan bahwa Rutan Ponorogo memang punya komitmen yang kuat dalam memberantas peredaran narkotika terutama di lingkup warga binaan.

“Ini yang kedua kalinya, jajaran kami berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika ke dalam Rutan. Karena perang terhadap peredaran narkoba terutama di lingkup warga binaan menjadi salah satu komitmen Rutan Kelas IIB Ponorogo ini,” tandasnya. (ns)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button